Hubungan Sosialisasi Gender dalam Keluarga dengan Persepsi Gender Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v17i2.35358Keywords:
Gender, Sosialisasi, Persepsi, KeluargaAbstract
Artikel ini menjelaskan hubungan sosialisasi gender dalam keluarga dengan persepsi gender siswa SMK. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei di salah satu SMK di Purbalingga, Jawa Tengah. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK yang berjumlah 498 siswa, dan sampel diambil dengan metode acak sederhana sebesar 30% dari total populasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi tau kendall kedua variabel tersebut sebesar 0,14 dengan nilai signifikansi 0,07. Hal ini berarti terdapat hubungan positif antara sosialisasi gender dalam keluarga persepsi gender responden. Aktivitas yang dilakukan responden bersama orang tua menjadi kesempatan berlangsungnya sosialisasi gender dalam keluarga. Hal tersebut menjadi salah satu sarana pembentukan persepsi gender responden. Ketika orang tua memperlakukan anak laki-laki dan perempuan secara berbeda, maka hal tersebut dapat membentuk persepsi bahwa keduanya adalah berbeda. Nilai korelasi antara variabel sosialisasi gender dalam keluarga dengan persepsi gender responden adalah sangat rendah, sehingga dapat dikatakan bahwa sosialisasi gender dalam keluarga bukanlah faktor dominan yang membentuk persepsi gender responden. Ada faktor lain yang turut menentukan persepsi ini, di antaranya: sosialisasi di sekolah, sosialisasi dengan teman sebaya, lingkungan masyarakat berdasarkan budaya termasuk media massa.References
Berliana. (2014). Analisis Peran Pola Asuhan dan Proses Sosialisasi Olahraga Beladiri Ditinjau dari Perspektif Kesetaraan Gender. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3), 454-462.
Boediarsih, Shaluhiyah, Z., & Syamsulhuda. (2016). Persepsi Remaja tentang Peran Gender dan Gender Seksualitas di Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 11(1), 28-38.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE.
Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Kompetensi, 12(2), 205-223.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswamadrasah tsanawiyah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149-163.
Kusumo, B., Andriani, R., & Charina, A. (2013). Analisis Gender dalam Kehidupan Keluarga Nelayan di Kecamatan Pangan daran Kabupaten Ciamis. Jurnal Social Economic of Agrikultur, 2(1), 42-53.
Mahendradhani, G. A. (2020). Pendidikan Seks Bagi Anak Sejak Dini Perspektif Gender Sebagai Bentuk Kemandirian Dalam Lingkungan Sosial. Sphatika Jurnal Teologi, 11(1), 97-104.
Miskahuddi. (2014). Pengaruh Sosialisasi Gender Terhadap Pembentukan Pola Pikir Perempuan Aceh (Studi Kasus di Banda Aceh dan Banda Besar). Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 1(2), 297-316.
Probosiwi, R. (2015). Perempuan dan Perannya dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Jurnal Kajian Ilmu Administrasi Negara, 3(1), 41-56.
Putri, D. R., & Dewi, N. (2019). Kohesivitas Kelompok Teman Sebaya, Gender, dan Kesehatan Mental Siswa SMP Negeri 2 Surakarta. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 12(2), 171-178.
Qomariah, D. N. (2019). Persepsi Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender dalam Keluarga. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 4(2), 52-58.
Ramadhan, H. W., & Giyarsih, S. R. (2017). Hubungan Media Sosial Dengan Persepsi Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Menurut Wilayah Perkotaan dan Pedesaan di Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia, 6(3), 1-13.
Ratri, S. R. (2019). Standar Ganda Gender dalam Keluarga (Studi Kasus Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Jakarta: Fisip UIN.
Rustin. (2017). Implementasi Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Keluarga. Jurnal Musawa, 9(2), 283-308.
Suci, F. N. (2016). Hubungan Sosialisasi Gender Orang Tua Dengan Identitas Gender Remaja. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Undergraduate thesis.
Sumiarti, & Munfarida, E. (2015). Sosialisasi Budaya Adil Gender oleh Organisasi Gender. Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 10(2), 196-209.
Syarif, J. (2017). Sosialisasi Nilai-Nilai Kultural dalam Keluarga Studi Perbandingan Sosial Budaya Bangsa-Bangsa. Jurnal Kajian Kebudayaan, 7(1).
Warmiyati, M. T., Wijayanti, S. H., & Darmoyo, S. (2018). Pemahaman Tentang Sosialisasi Gender Pada Siswa SMA di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 411-419.
González, J. G., Forcén, P., & Jim, M. (2019). Men and Women Differ in Their Perception of Gender Bias in Research Institutions. Journals.plos.org, 14(12), 1-11.
Jacobson, D. (2015). Elementary Studens Perceptions of Gender Equity in Mathematics. Lynchburg, Virginia: Liberty University.
Kí¼í§í¼kÅŸen, K. (2016). Perception of Gender Equality in New Media. International Journal of Human Sciences, 13(1), 1-9.
Kurniawati, D. (2014). Konflik Gender di Ruang Keluarga dalam Cerpen Kalimantan Timur. Jurnal LOA, 9(1), 49-58.
Nuraida, & Hassan, M. Z. (2017). Pola Komunikasi Gender Dalam Keluarga. Jurnal Wardah, 18(2), 181-200.
Pattiruhu, I. C., Rompas, S., & Simak, V. (2019). Fungsi Afektif Keluarga dan Fungsi Sosialisasi Keluarga dengan Perilaku Seksual Remaja. Jurnal Keperawatan, 7(2), 1-9.
Prabowo, D. P. (2019). Penerapan Asas Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Perspektif Maslahah Mursalah (Studi di Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Malang). Journal of Family Studies, 3(4), 1-10.
Puspitawati, H., & Fahmi, S. A. (2008). Analisis Pembagian Peran Gender pada Keluarga Petani. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 1(2), 1-10.
Rahmadhani, G. A., & Virianita, R. (2020). Pengaruh Stereotipe Gender dan Konflik Peran Gender Laki-laki Terhadap Motivasi Kerja Pemuda Desa Putus Sekolah di Desa Sukawening Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 4(2), 217-324.
Sumiarti. (2017). Relasi Gender Perspektif Perempuan Pedagang di Pasar Rawalo Banyumas. Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 12(2), 367-386.
Susanti, E., Sabti, A., & Farhani, N. (2016). Relasi Gender Pada Rumah Tangga Petani Padi Sawah di Kecamatan Mila Kabupaten Pidie. Jurnal Bisnis Tani, 2(1), 55-66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.