Penerapan metode debat pro dan kontra untuk meningkatkan proses pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20800Keywords:
debat, pro-kontra, PPKnAbstract
Penelitian ini bertujuan membangun keaktifan belajar untuk meningkatkan hasil belajar melalui metode debat pro dan kontra pada peserta didik kelas XI IPA 3 SMA 3 Bantul. Penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung saat pembelajaran dan tes. Analisis pengolahan data kuantitatif dengan tes dari persentase ketuntasan. Data kualitatif dengan observasi peserta didik dalam menyampaikan pendapat, menanggapi pertanyaan, menghormati pendapat dan kerja sama. Indikator keberhasilan didasarkan pada rerata persentase peningkatan keaktifan 85% peserta didik dengan hasil belajar mencapai ketuntasan belajar ≥ 76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode debat pro dan kontra dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Hal ini dilihat dari peningkatan rerata hasil belajar PPKn dari 73,33 sebelum tindakan, meningkat menjadi 75 pada siklus I dan mencapai 85,42 pada siklus II.References
Arpannudin, I., Abdulkarim, A., & Bestari, P. (2015). Pengaruh media video dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PKn terhadap sikap antikorupsi siswa di SMAN 8 Bandung. CIVICUS, 19(1), 57–72.
Dharma, S. (2012). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan (Studi research and development di SMP Pasundan 1 Bandung). Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdin, M. (2016). Penerapan metode debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran Konsep Dasar PKn di PGSD UPP Bone FIP UNM. Jurnal Publikasi Pendidikan, VI(1), 1–7.
Ruslan, R. (2003). Metode penelitian PR dan komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.
Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Tilaar, H. A. R. (2013). Media pembelajaran aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Winataputra, U. S. (2001). Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan demokrasi. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Winataputra, U. S. (2014). Diskursus aktual tentang paradigma Pendidikan Kewarganegaraan dalam konteks kurikulum 2013. In Seminar Nasional AP3KNI (hal. 1–12). Surakarta: AP3KNI dan Universitas Negeri Sebelas Maret.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.