POLITIK PENDIDIKAN INDONESIA DALAM MEMBENTUK GOOD CITIZENS PADA ERA REFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12569Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan memahami PKn sebagai instrumen politik pendidikan dalam membentuk good citizens; (2) mengidentifikasi dan menganalisis muatan aspek civic knowledge, civic skill, dan civic disposition pada buku teks PKn era Reformasi. Jenis Penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Yogyakarta, Solo dan Jakarta. Subjek penelitian adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) yaitu: (1) Pendidikan Kewarganegaaraan untuk SMP Kelas VII karya A.T Sugeng Priyanto,dkk; (2) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII karya Lukman Surya Saputra dan Wahyu Nugroho. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup unitization, sampling, recording, data reduction, analysis, dan inference. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku PKn Kurikulum KTSP 2006 arah politik pendidikan adalah membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter, sadar akan hak dan kewajiban, serta mampu berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Aspek pengetahuan (civic knowledge) dan keterampilan (civic skill) lebih dominan, sedangkan watak kewarganegaraan (civic disposition) kurang dikembangkan. Dalam Buku PKn Kurikulum 2013 arah politik pendidikan yaitu untuk mempersiapkan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Aspek civic disposition lebih dominan terdiri dari sikap spiritual dan sosial, sedangkan aspek pengetahuan (civic knowledge) serta keterampilan (civic skill) kurang mengembangkan.
Kata kunci: Politik Pendidikan, Buku teks PKn, Civic knowledge, Civic skill, Civic disposition, Good citizens.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.