Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Corporate Social Responsibility in Public Welfare Enhancement)
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12256Abstract
CSR menjadi salah satu alternatif pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Melalui berbagai program yang ditawarkan perusahaan, masalah sosial masyarakat dapat teratasi terutama peningkatan ekonomi dan masalah pendidikan. CSR telah menjadi cara perusahaan untuk membangun citra positif perusahaan di mata masyarakat dan pemerintah, hal inilah juga yang dilakukan oleh PT HM Sampoerna, Tbk melalui kegiatan Sampoerna untuk Indonesia. Melalui kegiatan CSR, Sampoerna sebagai perusahaan rokok telah mendapat posisi "aman" karena telah membantu masyarakat dalam berbagai bidang dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Di sisi lain, Sampoerna mengalami peningkatan keuntungan dibanding sebelum penerapan CSR. Dengan menjalankan CSR, Sampoerna mampu meningkatkan penerimaan masyarakat sebagai perusahaan rokok di tengah kontroversi rokok. Diharapkan di masa mendatang, Sampoerna mampu mengurangi potensi perokok masa depan.Kata Kunci: CSR - Citra - Kesejahteraan Masyarakat
Downloads
Published
2016-12-29
How to Cite
Probosiwi, R. (2016). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Corporate Social Responsibility in Public Welfare Enhancement). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12256
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.