Peran Kultur Sekolah dalam Pengembangan Soft Skill Siswa di SMA Piri 1 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v12i2.12241Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) realita kultur sekolah, (2) bentuk kultur sekolah, (3) penerapan prinsip demokrasi oleh kepala sekolah, (4) realita soft skill siswa, dan (5) Faktor pendukung pengembangan soft skill siswa; di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan mengklasifikasikan, menginterpretasikan dan memverifikasi data dari lapangan. Hasil penelitian: (1) realita kultur sekolah nampak dari artifak-artifak yang ada yaitu slogan, peraturan, cerita, upacara, simbol, logo, dan gambar,2) bentuk kultur sekolah nampak dari pelaksanaan nilai-nilai islami, kerjasama saling menghargai dan saling mendukung, serta penegakan disiplin dan tanggungjawab,(3) kepala sekolah menerapkan prinsip demokrasi dalam pembagian tugas dan tanggungjawab,(4) Realita soft skill siswa dilihat pada kemampuan interpersonal dalam berhubungan dan berkerjasama, nampak pada kemampuan mengendalikan emosi, menerima nasehat, dan selalu berpikir positif,(5) faktor pendukung pengembangan soft skill siswa bersumber dari peraturan sekolah dan partisipasi warga sekolah.
Kata kunci: Kultur Sekolah, Pengembangan, dan Soft Skill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.