Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP

Lasmiyati Lasmiyati, SMP Negeri 1 Pomalaa Sulawesi Tenggara, Indonesia
Idris Harta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika yang layak untuk pembelajaran siswa SMP N 1 Pomalaa kelas VII Sulawesi Tenggara. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall. Subjek coba penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Pomalaa kelas VII sejumlah 31 siswa, yang terdiri dari 6 siswa untuk uji coba terbatas dan 25 siswa untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran geometri pada aspek kelayakan isi berkategori baik, pada aspek kelayakan bahasa dan gambar berkategori sangat baik, pada aspek penyajian berkategori sangat baik, dan pada aspek kegrafisan berkategori baik serta pembelajaran matematika yang menggunakan modul lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan modul.

Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, pemahaman konsep dan minat

 

Developing a Module to Improve Concept Understanding and Interest of Students of SMP

 

Abstract

The study aimed to develop appropiate mathematics instructional module for mathematics instruction for seventh grade students of  SMP N 1 Pomalaa South-East Sulawesi. This research and development study used Borg and Gall model. Subject of research were 31 students of SMPN 1 PomalaaSpecifically, 6 students participated in the limited try-out and 25 students participated in the extended try-out. The result of study shows that the module of geometry learning for seventh grade students of SMP N 1 Pomalaa in terms of the aspect of content was categorized good, from the aspect of language and pictures was categorized very good, from the aspect of lay-out was categorized very good, and from the aspect of graphic design was categorized good, and also mathematics learning  using learning module was better than without module.

Keywords : development, learning module, concept undertanding, interest

Keywords


development; learning module; concept undertanding; interest

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2014). Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational reseach an introduction. New York, NY: Longman.

BSNP. (2007). Pedoman memilih menyusun bahan ajar dan teks mata pelajaran panduan tingkat satuan pendidikan menengah SMP/MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Petunjuk teknis penyusunan perangkat penilaian afektif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Depdiknas. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2009). Laporan Ujian Nasional 2009.

Depdiknas. (2010a). Laporan Ujian Nasional 2010.

Depdiknas. (2010b). Pedoman Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. (2011). Laporan Ujian Nasional 2011

Depdiknas. (2012). Laporan Ujian Nasional 2012.

Depdiknas. (2013). Laporan Ujian Nasional 2013

Elliot, S. N., Kratochwill, R. T, Cook, L. J., et al. (2000). Educational psychology: effective teaching, effective learning. Boston, MA: The Mc Graw Hill Companies, Inc.

Finch, R. C, & Crunkilton R. J. (2006). Curriculum development in vocational and technical education. Virginia, VA: Polytechnic Institute and State University.

Forsyth, I., Jolliffe, A., & Steven, D. (2004). Practical strategies for teacher, lectures and trainers (set of 4 volumes) preparing (vol 2). New Delhi: Crest Publishing House.

Ghufron, A dkk. (2007). Panduan penelitian dan pengembangan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Jaworski, B. (2003). Investigating mathematics teaching: A constructivist enquiry. London: Falmer Press.

Koyama, M. (1992). Building a two axes process model of understanding mathematics. Hiroshima Journal of Mathematics Education 1, 63-73, 1993. Japan.

Marpaung, Y. (2002). Pendidikan matematika realistik indonesia perubahan paradigma dalam pembelajaran matematika di sekolah. Malang: Prosiding Konferensi Nasional Matematika XI Universitas Negeri Malang.

Meyer, R. (1978). Designing learning modules for inserrice teacher education. Australia: Centre for Advancement of Teaching.

Morrison, G. R., Kemp, E. J, & Ross, S. M. (2004). Designing effective instruction. New York, NY: Merrill.

NCTM. (2000). Principle and standar for school mathematics. Reston, VA: NCTM, Inc.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2007). Educational assesment of student. Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall, Inc.

Oka, A.A. (2009). Pengaruh penerapan belajar mandiri pada materi ekosistem terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah siswa SMA di kota Metro. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2012 dari http://www.ummetro.ac.id/file_jurnal/5.%20Anak%20Agung%20Oka%20UM%20Metro.pdf.

Orlich, D.C., Harder, R. J., Callahan, R. C.,et al. (2007). Teaching strategies. A guide to effective instruction. Boston, MA: Houghton Mifflin Company.

Pearson, R. W. (2010). Statistical persuasion. Thousand Oaks, CA: SAGE.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Romberg, T. A., & Shafer, M. C. (2009). Teaching and learning mathematics with understanding. Dalam E. Fennema & T.A. Romberg (Eds.), Mathematics classrooms that promote understanding (pp. 3-18). Mahwah, NJ: Taylor & Francis e-Library.

Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: PT Kencana.

Skemp, R. R. (2005). The psychology of learning mathematics. Harmondsworth, Middlesex: Penguins Book Ltd.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Schunk. (2010). Learning theories. An educational perspective (5th Ed). Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall, Inc.

Schunk, D.H., Pintrick, R. P, Meece, J.L. (2010). Motivation in educational: theory, research, and application (3rd ed). Upper Saddle River, NJ. Pearson Educational.

Sukmadinata, N. S & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan pembelajaran kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan bahan ajar. Yogyakarta: FIP UNY

Suryosubroto, B. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Wawasan baru, beberapa komponen layanan khusus. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W. S. (2014). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Sketsa.




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats