Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika SMA untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Logika Matematika

Muhammad Istiqlal, Dhoriva Urwatul Wutsqa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia pembelajaran matematika yang berkualitas baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika dan mendeskripsikan seberapa baik kualitas perangkat pembelajaran matematika yang dihasilkan. Kriteria kualitas yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi Logika Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh multimedia pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif adalah analisis kebutuhan dan perumusan tujuan, desain/pengembangan produk, uji coba, revisi dan kajian produk akhir. Uji coba yang dilakukan meliputi ujicoba ahli/validasi ahli (expert judgement), uji coba kelompok kecil (small group try-out) dan uji coba lapangan (field try-out). Uji coba lapangan (field try-out) dilakukan pada dua kelas X di MA Nurul Ummah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, angket motivasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran matematika yang berkualitas dan layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Kata Kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran, matematika

 

Developing Instructional Multimedia of Mathematics of Senior High School to Improve Motivation and Achievement of Mathematic Learning on the Topic of Mathematics Logical

 

Abstract

This study aims at developing a quality and appropriate instructional multimedia of mathe-matics, and describing its quality. The quality criteria used refer to Nieveen criterion, namely valid, practical, and effective. The developed material is Mathematical Logic. This study is development research that develops the instructional multimedia of mathematics using the development model adapted from Borg & Gall Model. The steps to get the valid, practical and effective instructional multimedia of mathematics are: need assessment and the formulation of purpose, product design, try-out, revision and final product review. The try out consists of expert judgement, small group try-out, and field try-out. The Field try-out was held at two year-ten classes of  MA Nurul Ummah. The research instruments were validation sheets, teacher assessment sheets, student assessment sheets, motivation sheets, and evaluation sheets. The study produces a quality and appropriate instructional multimedia of mathematics. The result of the study shows that the developed instructional multimedia of mathematics are valid, practical, and effective.

Keywords: development, instructional multimedia, mathematics

Keywords


development; instructional multimedia; mathematics

Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M., & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning method and development. Needham Heights: Allyn & Bacon

Azwar, S. (2010). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational reseach an introduction. New York : Longman.

Borovcnik, M., & Kapadia, R. (2009). Research developments in probability education. International Electronik Journal of Mathematics Education, 4, 11-130.

Brumbaugh, D.K., et al. (2005). Mathematics content for elementary teachers. London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

BSNP, Pusat Penilaian Pendidikan. (2011). Panduan Pemanfaatan hasil UN tahun pelajaran 2010/2011 untuk perbaikan mutu pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Hargenhahn B.R., & Olson M.H. (2008). Theories of learning. (Terjemahan Tri Wibowo BS.). Jakarta: Kencana. (Buku asli diterbitkan tahun 2008)

Mardapi, D. (2004). Penyusunan Tes hasil Belajar. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Munadi, Y.(2008). Media pembelajaran; sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Pers

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007.

Suherman, E., et al. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sumardyono. (2004). Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats