Analisis Kasus Kecanduan Media Sosial Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde 15
DOI:
https://doi.org/10.21831/pythagoras.v19i2.75754Keywords:
kecanduan media sosial, model SEARQ, metode runge-kutta orde 15Abstract
ecanduan media sosial adalah salah satu kasus yang dapat dianalisis menggunakan matematika. Kasus ini dapat dikemas menjadi model matematika. Model matematika yang digunakan pada penelitian ini adalah SEARQ. Metode runge-kutta orde 15 adalah metode numerik yang digunakan untuk menyelesaikan kasus kecanduan media sosial pada penelitian ini. Penelitian ini menganalisa konvergensi, efektivitas, dan efisiensi metode runge-kutta orde 15 serta melakukan simulasi numerik untuk melihat perilaku penyebaran kasus kecanduan media sosial. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner dan metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mendapatkan dua formula metode runge-kutta orde 15 yang dinamakan RK15X dan RK15Y. Hasil analisa kasus kecanduan media sosial secara numerik menunjukkan bahwa kasus kecanduan media sosial ini bersifat endemik. Kecanduan media sosial dapat menjadi kasus yang merebak dan menetap dari waktu ke waktu.References
Addawiyah, A. F., & Fuad, Y. (2023). Model Dinamik SEARQ Dan Penerapan Kontrol Pada Permasalahan Kecanduan Media Sosial. Jurnal Ilmiah Matematika, 11(01), 67-81. https://doi.org/10.26740/mathunesa.v11n1.p67-81
Alemneh, H. T., & Alemu, N. Y. (2021). Mathematical Modeling With Optimal Control Analysis Of Social Media Addiction. Infectious Disease Modelling, 6(2021), 405-419. https://doi.org/10.26740/mathunesa.v11n1.p67-81
Andreassen, C. S., & Pallesen, S. (2014). Social Network Site Addiction – An Overview, Current Pharmaceutical Design. Psychological Reports, 20(5), 4053-4061. https://doi.org/10.2174/13816128113199990616
Anggraeni, D., Dafik, & Setiawani, S. (2013). The Effectiveness Of Runge-Kutta Method Of Order Nine To Solve The Immunity Model For Infection Of Mycrobacterium Tuberculosis. Kadikma, 4(02), 75-88. https://doi.org/10.19184/kdma.v4i2.1040
Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. JNC, 3(1), 41-53. https://doi.org/10.24198/jnc.v3i1.26928
Ardhilia, R. M., Dafik, & Setiawani, S. (2013). Effectiveness Of Eight Order Runge-Kutta Method To Solve The Mathematical Model Of Malaria Transmission. Kadikma, 4(02), 59-74. https://doi.org/10.19184/kdma.v4i2.1039
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79
Fatahillah, A., Istiqomah, M., & Dafik. (2020). Pemodelan Matematika Pada Kasus Kecanduan Game Online Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde 14. Journal Of Mathematics And Its Applications, 18(2), 129-141. https://doi.org/10.12962/limits.v18i2.6854
Gani, A. G. (2015). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Jurnal Sistem Informasi, 2(2), 71-86. https://doi.org/10.35968/jsi.v2i2.49
Hidayati, T., Aedi, W. G., & Masitoh, L. F. (2022). Metode Numerik. Banten: Unpam Press. https://repository.unpam.ac.id/10677/1/22TIF0213_METODE%20NUMERIK_UNESCOmmmn.pdf
Mile, A. C., Firmawati, & Febriyona, R. (2023). Hubungan Kontrol Diri Dengan Kecanduan Media Sosial (Tiktok) Pada Remaja Di SMPN 4 Tilamuta. Jurnal JRIK, 3(1), 198-207. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1294
Ndii, M. Z. (2018). Pemodelan Matematika Dinamika Populasi Penyakit Dan Penyebaran Penyakit Teori, Aplikasi, Dan Numerik. Yogyakarta: DEEPUBLISH. https://www.researchgate.net/publication/330840391_Pemodelan_Matematika_Dinamika_Populasi_dan_Penyebaran_Penyakit_Teori_Aplikasi_dan_Numerik
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books. https://lemlit.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/Metode-Penelitian-Kuantitatif.pdf
Rismana, A., Normelani, E., & Adyatma, S. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kecamatan Banjarmasin Barat. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 3(5), 38-50. http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v3i5.2299
Sari, T., & Rinaldi, R. (2019). Hubungan Kecanduan Mengakses Instagram Dengan Keterampilan Sosial Pada Mahasiswa Psikologi UNP. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3), 1-12. http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i3.6887
Suharyono. (2015). Penerapan Metode Runge-Kutta Orde Sepuluh Pada Model Penyebaran Virus Avian Influenza. Skripsi. Jember: Universitas Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66008
Suplig, M. A. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 177-200. https://doi.org/10.25278/jj71.v15i2.261
Susanto, W. E., & Syukron, A. (2020). Logika & Algoritma untuk Pemula. Yogyakarta: Graha Ilmu. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/285644/Bidang-A_Buku-Ajar-Logika-Algoritma-a.n-Wahyu-Eko-Susanto.pdf
Susilawati, N., Fashan, F., & Rahmani, S. (2023). Pengaruh Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Di Kota Banda Aceh. Jurnal Sosiologi USK, 17(1), 161-171. https://doi.org/10.24815/jsu.v17i1.32798
Organization, W. H. (2024). https://www.who.int/health-topics/adolescent-health#tab=tab_1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.