Keefektifan pembelajaran penemuan terbimbing dengan budaya lokal ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar

Authors

  • Maria Ulfah SMK Negeri 6 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10636

Keywords:

pembelajaran penemuan terbimbing, budaya local, prestasi dan motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran penemuan terbimbing, pembelajaran dengan budaya lokal, dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar; (2) mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan keefektifan ketiga metode pembelajaran tersebut; (3) mendeskripsikan pembelajaran mana yang lebih efektif diantara pembelajaran penemuan terbimbing dan pembelajaran dengan budaya lokal dalam pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan non equivalent group design menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMK Negeri 4 dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran penemuan terbimbing, pembelajaran menggunakan budaya lokal, serta pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar; (2) terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara pembelajaran penemuan terbimbing, pembelajaran dengan budaya lokal, dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar; (3) pembelajaran menggunakan budaya lokal lebih efektif daripada pembelajaran penemuan terbimbing ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar.

Kata Kunci: pembelajaran penemuan terbimbing, budaya local, prestasi dan motivasi belajar.

 

The effectivnees of the guided discovery learning with local culture in tearm of students achievement and motivation

 

Abstract

This study aimed to: (1) describe the effectiveness of guided discovery learning, local cultural learning, and conventional learning in terms of students' achievement and motivation; (2) describe wether there was difference of effectiveness among the three methods; and (3) describe learning method which was more effective between guided discovery learning and local cultural learning in terms of students' achievement and motivation. This study was a quasi-experimental design with non-equivalent group design using two experimental groups. The study population  were all grade X students of SMKN 4 and SMKN 6 Yogyakarta. Instruments used were in the form of achievement tests and questionnaires. The results show that: (1) guided discovery learning, local cultural learning, and conventional learning were not effective in terms of students' achievement and motivation;( 2) there were differences significantly in the effectiveness between guided discovery learning, local cultural learning, and conventional learning; and (3) local cultural learning was more effective than guided discovery learning in terms of students' achievement and motivation.

Keywords: guided discovery learning, local cultural learning, achievement, learning motivation.

Author Biography

Maria Ulfah, SMK Negeri 6 Yogyakarta

Maria Ulfah dilahirkan di Klaten, 26 April 1978. Menamatkan S-1 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan mengambil Program Studi Pendidikan Matematika, lulus pada tahun 2001. Sejak bulan Juni tahun 2003 mengajar mata pelajaran matematika di SMP N 9 Yogyakarta, dan pada bulan Juli  tahun 2011 pindah tugas di SMK N 6 Yogyakarta sampai dengan sekarang.

References

Carin & Sund. (1989). Teaching science through discovery (6thed). Colombus, OH: Merill Publishing company.

Djamarah, S.B. et al. (1997) Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gubernur DIY. (2012). Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 77, Tahun 2012, tentang Rencana Strategis Pembangunan pendidikan Daerah.

Kurniawan. (2014) Pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2) 176-187.

NCTM. (2013). Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of teachers of Mathematics, Inc.

Syah, M. (2014). Psikologi pendidikan: dengan pendekatan baru. Bandung, PT. Remaja Rodaskarya.

Stevens, J. (2009). Applied multivariate statistics for the social sciences. London: Lawrence Erlbaum Associatiates, Publishers.

Westwood, P. (2008). What teachers need to know about teaching methods. Camberwell Victoria: ACER Press.

Additional Files

Published

2016-12-06

How to Cite

Ulfah, M. (2016). Keefektifan pembelajaran penemuan terbimbing dengan budaya lokal ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar. PYTHAGORAS Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 149–159. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10636

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)