IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X TATA BUSANA PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA SELAMA MASA PANDEMI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Istiqomah Istiqomah
  • Endang Wani Karyaningsih
  • Desy Tri Inayah

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas X tata busana pada mata pelajaran pembuatan pola di SMK Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta selama masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah. Pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan faktor-faktor yang menjadi kesulitan belajar siswa yaitu kurangnya dukungan orang tua, kurangnya minat belajar, tidak memahami materi, keterbatasan internet, internet tidak baik, penyimpanan smartphone tidak cukup, pengurangan jam pembelajaran, ruang gerak terbatas keterbatasan metode pembelajaran.

Kata kunci : Kesulitan belajar, Pembuatan pola, Pandemi

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

[1]
Istiqomah, I. et al. 2023. IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X TATA BUSANA PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA SELAMA MASA PANDEMI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. 17, 1 (Mar. 2023).