PERSEPSI SISWA KEJURUAN TENTANG METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS SCIENTIFIC

Authors

  • Hanifah Nur Istanti
  • Sri Wening

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat siswa tentang penerapan metode pembelajaran GI berbasis scientific. Sintak metode pembelajaran group investigation berbasis scientific yaitu: (1) mengidentifikasikan topik dengan memberikan gambaran permasalahan dari topik dan mengatur siswa ke dalam kelompok; (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari; (3) melaksanakan investigasi dengan cara memformulasikan hipothesis, mendesain percobaan, melakukan observasi atau percobaan (mempraktikkan), dan mengumpulkan data dari percobaan; (4) menyiapkan laporan akhir serta membuat kesimpulan; (5) mempresentasikan laporan akhir; dan (6) evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat siswa tentang penerapan metode pembelajaran GI berbasis scientific. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas X Tata Busana SMK N 1 Sewon yakni 32 siswa kelas X Bs 1. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapat siswa tentang penerapan metode pembelajaran group investigation berbasis scientific dalam kategori sangat baik (90,6%).

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Group Investigation Berbasis Scientific, Persepsi Siswa, Kejuruan

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

[1]
Istanti, H.N. and Wening, S. 2023. PERSEPSI SISWA KEJURUAN TENTANG METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS SCIENTIFIC. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. 17, 1 (Mar. 2023).