PERSEPSI SISWA KEJURUAN TENTANG METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS SCIENTIFIC
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat siswa tentang penerapan metode pembelajaran GI berbasis scientific. Sintak metode pembelajaran group investigation berbasis scientific yaitu: (1) mengidentifikasikan topik dengan memberikan gambaran permasalahan dari topik dan mengatur siswa ke dalam kelompok; (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari; (3) melaksanakan investigasi dengan cara memformulasikan hipothesis, mendesain percobaan, melakukan observasi atau percobaan (mempraktikkan), dan mengumpulkan data dari percobaan; (4) menyiapkan laporan akhir serta membuat kesimpulan; (5) mempresentasikan laporan akhir; dan (6) evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat siswa tentang penerapan metode pembelajaran GI berbasis scientific. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas X Tata Busana SMK N 1 Sewon yakni 32 siswa kelas X Bs 1. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapat siswa tentang penerapan metode pembelajaran group investigation berbasis scientific dalam kategori sangat baik (90,6%).
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Group Investigation Berbasis Scientific, Persepsi Siswa, Kejuruan