OPTIMALISASI LABORATORIUM BOGA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PRODUKTIF BAGI GURU SMK MUHAMADIYAH 1 MOYUDAN

Badraningsih Lastariwati, , Indonesia
Sri Palupi, , Indonesia
Tri Murhanjati, , Indonesia
Luthfi R Rahman, , Indonesia
Nur Ayunda, , Indonesia
Lola Oktaviani, , Indonesia
Ndaru Supra, , Indonesia
Latifah Latifah, , Indonesia
Atikah A, , Indonesia

Abstract


Laboratorium bagian dari sarana dan prasarana sekolah merupakan unsur penting dalam mendukung berjalannya proses pembelajaran di sekolah vokasi utamanya pada sekolah menengah kejuruan. Sebagian besar laboratorium telah melaksanakan pengembangan manajemen sarana dan prasarana, tetapi belum memiliki acuan baku, sehingga penerapannya berbeda-beda. Kegiatan ini bertujuan memberikan: (1) pelatihan tentang manajemen penataan laboratorium kepada guru dan teknisi, (2) pelatihan inventarisasi alat laboratorium; (3) pelatihan penataan ruang penyimpanan alat; serta (4) pelatihan dan praktik untuk memaksimalkan sarana laboratorium agar kemampuan wirausaha siswa meningkat. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi: ceramah dan demontrasi yang digunakan dalam penyampaian penggunaan aplikasi inventaris alat dan penataanya melalui aplikasi. Praktek untuk latihan penerapan pendekatan pembelajaran secara tematik pada mata pelajaran produktif. Pendampingan untuk monitoring pelaksanakan hasil pelatihan. Respon peserta terhadap hasil dari pelaksanaan kegiatan yaitu semua tujuan program dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana yang disepakati antara pihak sekolah dan pengabdi. Respon terkait penyampaian materi mendapat skor paling tinggi (88%), yaitu pada materi disampaikan dengan menarik, artinya Tim Pengabdi sudah memberikan materi dengan persiapan matang dan baik sekaligus menguasai materi yang disampaikan. Sedangkan, persentase rerata pada fasilitas yang disediakan sesuai dengan kebutuhan 80%.

Keywords: optimalisasi, laboratorium, peningkatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.