PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTDALAME-LEARNINGSCHOOLOGYTERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA

Authors

  • Sheren Aurora Maharani
  • Nunung Nurjanah
  • Wiwik Wahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran teams games tournament dalam e-learning schoology terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMK Tata Boga Se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan design Pre Eksperimentaldengan model One-Shot Case Studi. Metode statistik yang digunakan menggunakan Multivariat Regresi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket bentuk skala likertyang ditujukan kepada siswa SMKN 2 Malang, SMKN 7 Malang, dan SMKN Kartika IV-I Malang. Populasi sejumlah 213responden dan sampel sebanyak 131 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran teams games tournament dalam elearning schoology pada mata pelajaran ilmu gizi kompetensi dasar daftar bahan makanan penukar diikuti dengan baik oleh sebagian besar siswa. Siswa SMK Tata Boga Se-Kota Malang juga dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik saat pembelajaran berlangsung. Penerapan model pembelajaran teams games tournament dalam schoology berpengaruh lemah terhadap keterampilan komunikasi dengan persentasi pembuktian 8,3% dan berpengaruh lemahterhadap keterampilan kolaborasi8siswa dengan persentasi pembuktian 3,8%.

Kata Kunci: Siswa SMK, Media Pembelajaran Schoology, Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi

Downloads

Published

2021-01-05

How to Cite

[1]
Maharani, S.A. et al. 2021. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTDALAME-LEARNINGSCHOOLOGYTERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. 15, 1 (Jan. 2021).