DETERMINAN MINAT INDIVIDU MENGGUNAKAN LAYANAN FINANCIAL TECHNOLOGY DENGAN KERANGKA INNOVATION DIFFUSION THEORY

Rada Nur Indriyati, Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mimin Nur Aisyah, Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Determinan Minat Individu Menggunakan Layanan Financial Technology dengan Kerangka Innovation Diffusion Theory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu menggunakan layanan fintech dengan kerangka Innovation Diffusion Theory (IDT). Penelitian ini merupakan explanatory research. Sampel penelitian adalah 100 pengguna layanan fintech di Kota Yogyakarta yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relative advantage, compatibility, trialability, dan observability berpengaruh positif terhadap minat individu menggunakan layanan financial technology di Kota Yogyakarta, sedangkan complexity berpengaruh negatif terhadap minat individu menggunakan layanan financial technology di Kota Yogyakarta.

 Kata kunci: Innovation Diffusion Theory (IDT), Layanan Financial Technology, Karakteristik inovasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v8i2.26660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rada Nur Indriyati, Mimin Nur Aisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Archive, Citation & Indexing:

   


 

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.