PENGARUH PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN DAN KECERDASAN MAHASISWA TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI DI YOGYAKARTA

Nur Anwar Musyadad, Endra Murti Sagoro

Abstract


Abstrak : Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan Dan Kecerdasan Mahasiswa Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan dan Kecerdasan Mahasiswa terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Akuntansi pada tiga Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebesar 273 diambil dengan metode proportionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda yang didahului dengan uji normalitas, uji multikolinieritas serta uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemahaman Kode Etik Profesi akuntan berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa; (2) Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa;  (3) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa; (4) Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa; (5) Pemahaman Kode Etik Profesi akuntan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Perilaku Etis mahasiswa.

 

Kata Kunci: Kode Etik Profesi Akuntan, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Etis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v8i1.24500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

 


Creative Commons License
Jurnal Nominal by Jurnal Nominal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.