SEKOLAH TIONG HOA HWEE KWAN (STHHK) SEBAGAI REPRESENTASI PENDIDIKAN MODERN ETNIS TIONGHOA DI BATAVIA TAHUN 1901-1942

Authors

  • Ayu Putri Nabila Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/moz.v12i2.45621

Abstract

Abstrak

Fokus utama dari penelitian ini bertujuan memaparkan proses berdirinya lembaga pendidikan modern pertama etnis Tionghoa di Batavia, yakni Sekolah Tiong Hoa Hwee Kwan (STHHK), serta mengungkap pelbagai alasan dan faktor yang menjadi pertimbangan pendirian STHHK selama masa pemerintahan Belanda. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap, yakni heurustik, kritik sumber (verifikasi), interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak abad ke-19, nasib kalangan Tionghoa di Batavia begitu dibatasi oleh kebijakan-kebijakan rasial pemerintah Belanda, salah satunya dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, STHHK muncul sebagai representasi pendidikan modern etnis Tionghoa yang didirikan secara independen oleh kalangan Tionghoa. Selama perkembangannya, sekolah turut dipengaruhi oleh keadaan masyarakat mau pun sistem pemerintahan yang ada di Batavia.

Kata Kunci: Sekolah, Batavia, Tiong Hoa Hwee Kwan

Downloads

Published

2022-01-09

How to Cite

Nabila, A. P. (2022). SEKOLAH TIONG HOA HWEE KWAN (STHHK) SEBAGAI REPRESENTASI PENDIDIKAN MODERN ETNIS TIONGHOA DI BATAVIA TAHUN 1901-1942. MOZAIK Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(2). https://doi.org/10.21831/moz.v12i2.45621

Issue

Section

Articles