PENINGKATAN APRESIASI PUISI DALAM PEMBELAJARAN PUISI DENGAN MEDIA MUSIK DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Authors

  • Dwi Astuti Indriati SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2593

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam proses pembelajaran puisi dan peningkatan hasil apresiasi puisi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil apresiasi puisi dalam pembelajaran puisi dengan media musik. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan pada proses dan hasil. Peningkatan proses ditandai dengan (1) keaktifan siswa dalam pembelajaran lebih banyak, (2) kerja sama siswa dalam mengerjakan tugas-tugas kelompok meningkat. (3) motivasi dan perhatian siswa meningkat. Peningkatan hasil pembelajaran apresiasi puisi dapat dilihat dari rata-rata nilai apresiasi pratindakan.

Kata kunci: peningkatan, apresiasi, media musik

Downloads

Published

2014-10-01

How to Cite

[1]
Indriati, D.A. and Haryadi, H. 2014. PENINGKATAN APRESIASI PUISI DALAM PEMBELAJARAN PUISI DENGAN MEDIA MUSIK DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. LingTera. 1, 2 (Oct. 2014), 156–167. DOI:https://doi.org/10.21831/lt.v1i2.2593.

Issue

Section

Articles