Optimalisasi Peranan LKP dalam Membantu Perekonomian Kaum Wanita melalui Program Pelatihan Menjahit
DOI:
https://doi.org/10.21831/diklus.v7i1.49472Keywords:
peranan, program pelatihan, menjahit, perempuan, ekonomi, role, training program, sewing, women, economyAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang optimalisasi peranan lembaga kursus dan pelatihan dalam membantu perekonomian kaum wanita melalui program pelatihan menjahit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif di mana subjek dalam penelitian Ibu Dewi, pendiri LKP Modist Bunturaja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pelatihan keterampilan menjahit di LKP Modist Bunturaja dapat memberikan solusi bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan yang berpendidikan rendah dan tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan menjahit dapat memberi peluang untuk membuka usaha mandiri. Keterampilan menjahit yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan keterampilan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan pada gilirannya akan membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor industri kecil dan mengurangi angka pengangguran.
Optimizing the Role of LKP in Helping the Women's Economy through Sewing Training Programs
Abstract
The purpose of this study is to describe the optimization of the role of training and course institutions in helping women's economy through sewing training programs. This study uses a qualitative approach with a descriptive method where the subject in the research is Ibu Dewi, the founder of LKP Modist Bunturaja. The results of this study indicate that the sewing skills training program at LKP Modist Bunturaja can provide solutions for the community, especially women who have low education and do not have the knowledge and skills of sewing can provide opportunities to open independent businesses. Sewing skills are expected to provide knowledge of skills and create quality human resources and in turn will assist the government in developing the small industrial sector and reducing unemployment.
References
Ansori, A., & Samsudin, A. (2013). Transformasi Pembelajaran di Pendidikan Non Formal (Upaya Mempersiapkan Pendidik dan Peserta Didik dalam Menghadapi Tantangan Global untuk Menjadi Manusia Pembelajar). Empowermen: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 2252–4738.
Boediono. (1992). Teori Pertumbuhan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.
Hatimah, I. (2008). Hatimah, Ihat & Sadri. Universitas Terbuka.
Husein, A., & Sutarto, J. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatiha (LKP) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. E-Plus Esistensi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 1–115.
Ida, N. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kursus Menjahit Pada Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Empowermen: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 11–19.
Kaswan. (2016). Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan SDM. Alfabeta.
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Rebuplik Indonesia Nomor 41 tahun 2009.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Nonformal, (2007).
Ningrum, M. K. (2015). Evaluasi Program Kursus Menjahit Dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan di LKP Modes Aniq Sidoarjo. J+Plus UNESA, 4(1).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 tahun 2013 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah.
Poerwadarminta, W. J. S. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. PT Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sujanto, A. (2016). Pengembangan Kemitraan Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk Penjaminan Mutu LKP. Jurnal Ilmiah Infokam, XII/MARET/(1), 59–65.
Sutarto, J. (2013). Manajemen Pelatihan. Deepublish.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Wahyuni, I., & Kharimah, N. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika (JNPM), 1(2), 228–240.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
![]() | Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |