Optimalisasi Peranan LKP Dalam Membantu Perekonomian Kaum Wanita Melalui Program Pelatihan Menjahit
Mayasari Mayasari, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Nurhakiki NurHakiki, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Apri Wahyuni Sinulingga, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Junfannny Pakpahan, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Irfan Sahyadi Naibaho, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang optimalisasi peranan lembaga kursus dan pelatihan dalam membantu perekonomian kaum wanita melalui program pelatihan menjahit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dimana subjek dalam penelitian Ibu Dewi, pendiri LKP Modist Bunturaja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pelatihan keterampilan menjahit di LKP Modist Bunturaja dapat memeberikan solusi bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan yang berpendidikan rendah dan tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan menjahit dapat memberi peluang untuk membuka usaha mandiri. Keterampilan menjahit yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan keterampilan dan menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan pada gilirannya akan membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor industri kecil dan mengurangi angka pengangguran.
Keywords
References
Husein,Sutarto” 2017:3 Pembelajaran kursus menjahit di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Kab Kudus. Jurnal Pembelajaran kursus menjahit Vol 2 no 1
Moleong, lexy J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rusdakarya.
Nurida 2017 :4 Journal empowerment Vol 6 no 2 Oktober 2017
Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, H. Djudju. (1992). Pengantar Manajemen Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Nusantara Press
Sugiono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittaif dam R&D.Bandung: Alfabeta.
Sujanto , Alex Jurnal Pengembangan kemitraan lembaga Kursus dan pelatihan (LKP) dengan dunia usaha dan dunia industri ( DUDI) untuk penjaminan mutu LKP INFOKAM nomor 1 Th.XII/MARET/2016
Sutarto, Joko. 2017. Pendidikan Nonformal ( Konsep Dasar, Proses pembelajaran, dan pemberdayaan Masyarakat) Semarang : UNNES Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v7i1.49472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:

![]() | Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |