OMAH BELAJAR NDESO: UPAYA MENGEMBANGKAN LIFE SKILL ANAK DUSUN JASEM LOR, GUNUNG KIDUL

Tri Agis Setiani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


‘Omah Belajar Ndeso’ merupakan wadah bagi anak-anak Jasem Lor untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan berbasis potensi lokal dalam memanfaatkan waktu luang mereka. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan life skill yang didalamnya meliputi: pojok baca, cooking class, dan pembuatan kerajinan tangan. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan komunitas belajar yang mandiri dan berdaya saing serta mengurangi dampak negatif tehnologi yaitu penggunaan gadget. Program ini diikuti oleh anak-anak di Dusun Jasem Lor, Pacarejo, Gunungkidul berusia 10-12 tahun, yang berjumlah 10 orang. Metode yang digunakan meliputi: diskusi, permainan, dan praktek. Hasil kegiatan menunjukkan: 1) Kegiatan life skill di “Omah Belajar Ndeso” melalui 3 tahap: tahap pra pelaksanan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi (monitoring, evaluasi, tindak lanjut dan pendampingan). 2) Hasil dari program ini, meningkatnya pengetahuan dan keterampilan anak-anak Jasem Lor yang ditandai dengan antusias dalam belajar, menurunnya penggunaan gadget, meningkatnya minat baca anak, dan kegiatan positif yang lainnya..


Full Text:

PDF

References


. “Excellent Life Skills (ELS) Handicraft”. http://sd10.pppkpetra.or.id/kegiatan-excellent-life-skills/. Diakses pada 2 Juli 2018.

Adisuryanto B. 2017. “Mainan Tradisional dari Bambu yang Bisa Anda Buat Dirumah”. https://merahputih.com/post/read/mainan-tradisional-dari-bambu-yang-bisa-anda-buat-di-rumah,. Diakses pada 2 Juli 2018.

Sudjana. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung ; Falah Production.

Saryono D. 2009. Pendidikan Kecakapan Hidup; Konsepsi dan Implementasinya di Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Malang.

Sumardiono. 2010. “Apa Itu Life Skill?”. http://rumahinspirasi.com/apa-itu-life-skills/. Diakses pada 2 Juli 2018.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah



Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats