PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM PERAWATAN BATERAI PADA KELAS XI SMK N 11 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.85667Keywords:
Battery, Maintanence, LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi Sistem Perawatan Baterai untuk siswa kelas XI SMKN 11 Malang, khususnya program keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan keterbatasan media pembelajaran digital yang atraktif, meskipun sebagian besar siswa memiliki smartphone Android. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh tahap, mulai dari identifikasi masalah hingga produksi massal. Media dikembangkan dalam bentuk aplikasi Android dengan fitur-fitur seperti kompetensi, materi, latihan soal, video pembelajaran, dan motivasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, masing-masing menunjukkan skor rata-rata 4,75 dan 4,40 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba awal terhadap 20 siswa menunjukkan rata-rata skor 4,18 (baik), sementara uji coba pemakaian pada 128 siswa menunjukkan peningkatan skor menjadi 4,24 (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, serta layak digunakan secara luas dalam pembelajaran sistem perawatan baterai.
Kata kunci: Android; Media Pembejaran ; Sistem Perawatan Baterai
References
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Latif, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Konstuksi Geometri Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Berbasis Android Di SMK Negeri 1 Ngawen. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Putra, D.R. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Imogiri Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Subini, N. (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Yulianti, L. (2018). Pengembangan Mobile Application Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Untuk Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.