UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN HANDPHONE DALAM MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SEPEDA MOTOR LISTRIK DAN HYBRID MELALUI MODEL BLENDED LEARNING FACE TO FACE DRIVER DI SMK NEGERI 9 MALANG

Authors

  • Achmad Ridho Universitas Negeri Malang, Somalia
  • Syamsul Hadi Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Febri Irawan SMK Negei 9 Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.85353

Keywords:

Effectiveness, Blended , learning , hybrid, motorcycle, maintenance, repair

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan handphone dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor Listrik dan Hybrid di SMK Negeri 9 Malang. Permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya kemampuan peserta pembelajaran dihasilkan akibat penggunaan handphone yang tidak efektif, seperti digunakan untuk bermain game dan mengakses media sosial saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan model pembelajaran Blended learning face to face driver yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berani berbasis teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan pendekatan metode campuran . Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran tersebut, efektivitas penggunaan handphone meningkat dari 30% pada pra tindakan menjadi 65% pada siklus pertama, dan mencapai 80% pada siklus kedua. Peningkatan ini berdampak langsung pada peningkatan hasil belajar peserta didik, yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata tes subsumatif dari 61 (pra tindakan), 70 (siklus 1), hingga 82 (siklus 2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran yang tepat dan disertai kontrak belajar dapat mengarahkan peserta didik untuk menggunakan ponsel secara lebih produktif dalam pembelajaran.do

References

Abidin, A. A., Cantona, E. Z., Wicaksana, M. A., Annastasya, S., & Sukmana, T. (2023). Dampak Penggunaan Smartphone pada Proses Pembelajaran. EDUCATION: Scientific Journal of Education, 1(2), 124–132. https://journal.csspublishing/index.php/education

BSKAP. Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran (CP), Pub. L. No. 33. 33.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19(March), 18–26.

Harmoni, J., & Bangsa, N. (2024). Blended Learning : Konsep , Manfaat , dan Tantangannya , serta Implikasinya dalam Pembelajaran. 1, 25–32.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Struktur Kurikulum SMK/MAK. Jakarta: Kemendikbudristek, 2022.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner (3rd ed.). Deakin University Press.

Khusniyah, T. W. (2022). Pemanfaatan Laboratorium Virtual IPA Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SDN 1 Telogotuwung Blora. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 95–99

Nurhalifah, Rizaldi, D. R., Muktofan, Nilwan, & Fatimah, Z. (2024). Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Action Research Journal, 1(1), h. 14.

Okviawati, K. D., Zulhaini, & Mailani, I. (20z20). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Agama Islam. Jom Ftk Uniks, 2(1), 75–90.

Pradana, E. H., & Wibawa, S. C. (2021). Penggunaan blended learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 67–75.

Prasetya, M. A., Dara, M. A. D. W., & Helilintar, R. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Sepeda Motor untuk Siswa SMK Berbasis Mobile Menggunakan Unity. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 8, No. 1, pp. 456-463).

Masrizal . (2011). Mixed Method Research.jurnl manager.53–56.

Rosadi, A., & Riyanto, B. (2019). Efektivitas Penggunaan Smartphone Dalam Mendukung Aktivitas Belajar Dikalangan Siswa Smk Muhammadiyah 5 Surakarta the Effectiveness of the Use of the Smartphone in Supporting the Learning Activity Among the Students Smk Muhammadiyah 5 Surakarta.

Setiawati, S. & Atmawati, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Handphone terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Cendekia, 14(01), 66–73.

Suhaeb, F. W., Marfuah, A. A., & Kaseng, E. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Application of Blended Learning Models in a Period of Adaptation To New Habits. 17(April), 155–163.

Tambunan, R. S., & Siregar, M. F. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 123–130.

Tucker, Catlin R (2012). Blanded Learning. California. SAGE Company

Lumbanraja, H. M. U., & Purwanto, N. A. (2021). The Implementation of Online Learning in Elementary Schools During the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 14(2), 121–140.

Utami, S., & Abdul, M. (2015). Pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 88–95.

Wulandari, N. P., & Coriena, R. R. (2021). Strategi pengendalian penggunaan handphone peserta didik dalam pembelajaran berbasis blended learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(3), 289–297.

Yunitasari, D., & Nugraheni, P. (2021). Dampak penggunaan smartphone terhadap perilaku belajar siswa di era digital. J

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Achmad Ridho, Syamsul Hadi, & Febri Irawan. (2025). UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN HANDPHONE DALAM MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN SEPEDA MOTOR LISTRIK DAN HYBRID MELALUI MODEL BLENDED LEARNING FACE TO FACE DRIVER DI SMK NEGERI 9 MALANG. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 7(2), 129–142. https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i2.85353

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.