PEMBUATAN MODUL SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI/EFI PADA MAPEL PMKR KELAS XI TKRO SMKN 3 TAKENGON

Authors

  • Dzikri Auzan Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.43887

Keywords:

Penelitian dan Pengembangan, Modul, Sistem bahan bakar injeksi/EFI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk modul sistem injeksi bahan bakar/EFI, (2) mengetahui modul sistem injeksi bahan bakar/EFI siswa kelas XI Jurusan TKRO SMK Negeri 3 Takengon berdasarkan penilaian ahli dan media, (3) mengetahui respons pengguna yaitu siswa kelas XI TKRO terhadap modul sistem injeksi bahan bakar/EFI di SMK Negeri 3 Takengon. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO yang membuka 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) modul sistem injeksi bahan bakar/EFI kelas XI pada mata kuliah PMKR yang berisi enam materi yaitu pengertian sistem EFI, jenis-jenis sistem EFI, konstruksi dasar sistem EFI , komponen dan fungsi sistem bahan bakar. injeksi bahan bakar/EF, dan perawatan berkala sistem injeksi bahan bakar/EFI, (2) pemilihan media yang ditentukan oleh penilaian ahli media (3.91) dalam kategori sangat layak, (3) media pembelajaran media berdasarkan ahli materi (3,55) ) termasuk dalam kategori sangat layak, dan (4) tanggapan sebagai pengguna mendapat skor (3,48) termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga modul sistem injeksi bahan bakar/EFI sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Budijono, A, P. & Kurniawan, W, D. (2012). Penerapan Modul Berbasis Computer Interaktif Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran Pada Mata Kuliah Pneumatik Dan Hidroulik. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(2), 106-113.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Istrumen Test dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Mudyahardjo, R. (2001). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Narwoto, N. & Soeharto, S. (2013). Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).

Pranoto, A. (2019). Pengembangan Modul Gambar Teknik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin D3 IST AKPRIND Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 95-103.

Kurniawan, H, A, Siswanto, I, Sampurno, Y, G, & Syafiq, A. (2020). Developing Wiper and Washer System Electronics Learning Module For Automotive Engenering Education Students. Journal of Physics: Conference Series 1700 (1), 011001.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, N. (2020). Pengembangan Modul Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Untuk Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK N 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1) 95-97.

Tiwan. (2010). Penerapan Modul Pembelajaran Bahan Teknik Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran Dijurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 19(2), 256-280.

Downloads

Published

2022-03-12

How to Cite

Auzan, D. (2022). PEMBUATAN MODUL SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI/EFI PADA MAPEL PMKR KELAS XI TKRO SMKN 3 TAKENGON. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpvo.v4i1.43887

Issue

Section

Articles