PENGEMBANGAN MODUL PERAWATAN DAN PERBAIKAN SASIS, PEMINDAH TENAGA KELAS XI SMKN 2 KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i2.40438Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur atau langkah-langkah pengembangan, dan (2) mengetahui kelayakan modul mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Sasis, pemindah Tenaga Otomotif untuk kelas XI di SMK N 2 Klaten. Penelitian ini adalah jenis penelitian R&D dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, tahapannya yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data diperoleh dari penilaian oleh seorang ahli media dan seorang ahli materi serta respon pengguna sebanyak 36 peserta didik kelas XI TMPO B di SMK N 2 Klaten. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian kelayakan modul pembelajaran yaitu: dari ahli media mendapat skor 3,10 dari skala 4 dengan kategori layak; dari ahli materi mendapat skor 3,29 dari skala 4 dengan kategori sangat layak; dan respon pengguna mendapat skor 3,25 dari skala 4 dengan kategori sangat layak. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Modul Perawatan dan Perbaikan Sasis, Pemindah Tenaga Otomotif (PPSPTO) kelas XI dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran.
Kata Kunci: modul, pemindah tenaga, R&D
References
Budijono, A. P. dan Wahyu, D. K. (2012). Penerapan modul berbasis komputer interaktif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran pada mata kuliah pneumatik dan hidraulik. JPTK: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 21, Nomor 2, Oktober 2012, Halaman 106-113.
Daryanto. (2013). Menyusun modul: Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
________. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto & Aris, D. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Haryana, K., Nirmala, A. Y. P., Yuswono, L. C., & Sukaswanto, (2018). Peranan program pelatihan dalam memantapkan kompetensi profesional guru SMK TKR. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(1), 66-76.
Lasmiyati & Hatta, I. (2014). Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 2, Desember 2014, (161-174).
Martono, M., & Wagiran. (2016). Developing a learning module of computer numerically control GSK 983 machines to enhance students' learning outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(2), 184-190.
Maswan & Muslimin, K. (2017). Teknologi pendidikan: Penerapan pembelajaran yang sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pranoto, A. (2019). Pengembangan modul gambar teknik sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa jurusan teknik mesin D3 IST AKPRIND Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 95-103.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. (2017). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Rosdikarya.
Thiagarajan, S. et al. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Dikutip pada tanggal 2 Desember 2019 jam 12.52 WIB dari https://www.pdfdrive.com/instructional-development-for-training-teachers-of-exceptional-children-a-sourcebook-d517006481.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.