E-LKPD Berbasis Experiential Learning Menggunakan Liveworksheets pada Materi Asam-basa
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87663Keywords:
Asam basa, E-LKPD, Experiental learning, LiveworksheetAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis experiential learning menggunakan liveworksheets pada materi asam basa yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik model experiential learning, pedagogik, bahasa dan kegrafisan. Tujuan lain yaitu mengetahui respon pengguna E-LKPD. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu analysis (menganalisis), design (merancang), development (mengembangkan), implementation (mengimplementasi) dan evaluation (mengevaluasi). Hasil validasi oleh validator materi berdasarkan aspek-aspek kelayakan isi, aspek karakteristik model experiential learning, aspek pedagogik, aspek bahasa dan aspek kegrafisan berturut-turut adalah 85,93%, 87,5%, 83,33%, 100% dan 100% dengan kategori kelayakan valid. Hasil validasi oleh validator media berdasarkan ukuran E-LKPD, desain sampul E-LKPD dan desain isi ELKPD berturut-turut adalah 100%, 100% dan 100% dengan kategori kelayakan valid. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam membangun pengetahuannya melalui konteks penglaman nyata dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih dan bermakna secara efektif dan efisien.
References
Akbar, S. (2013). Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aristhi, N. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2020). Model experiential learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(3), 327-337.
Artika, A., Mahartika, I., & Irdamisraini, I. (2024). Kahoot: alternatif media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa kimia pada materi koloid. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2579-2589.
Budiasih, Y., Abdurrahman, A., Lengkana, D., Hasnunidah, N., & Aini, N. R. (2023). Studi pendahuluan: pengembangan e-lkpd dalam upaya pemahaman keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(2), 158.
Budiyono, B. (2020). Inovasi pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran di era revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300.
Fitria, D., Lestari, M., Aisyah, S., Renita, R., Dasmini, D., & Safrudin, S. (2021). Meta-analisis pendekatan pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips sekolah dasar. Jurnal Simki Economic, 4(2), 192–199.
Hakim, F. (2019). Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI dengan model (experiential learning) pada materi titrasi asam basa. JEC: Journal of Educational Chemistry, 1(2).
Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran guru dalam memotivasi belajar siswa selama kegiatan pembelajaran jarak jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193-204
Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan model experiential learning untuk meningkatkan pemahaman materi cahaya dan sifat-sifatnya siswa kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 1-15.
Khairati, K., Artika, W., Sarong, M. A., Abdullah, A., & Hasanuddin, H. (2021). Implementation of STEM-based experiential learning to improve critical thinking skills on ecosystem materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 752-757.
Khoirussaadah, K. S., & Hakim, F. (2019). Keterampilan berpikir ingkat tinggi eserta didik kelas XI dengan model (experiential learning) pada materi titrasi asam basa. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(2), 62.
Kolb, A., & Kolb, D. (2018). Eight important things to know about the experiential learning cycle. Australian educational leader, 40(3), 8-14.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.
Ningsih, S. Y., Lutfiah, Z., & Murvita, M. (2023). Pengembangan e-modul menggunakan canva. Consilium: Education and Counseling Journal, 3(1), 161-170.
Permana, A. H., Muliyati, D., Bakri, F., Dewi, B. P., & Ambarwulan, D. (2019). The development of an electricity book based on augmented reality technologies. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032027).
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Cetakan ke (8). Yogyakarta: Diva Press.
Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601-2614.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas e-lkpd berbasis endekatan investigasi terhadap kemampuan erfikir kritis siwa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96.
Rohmad, A., Suhandini, P., & Sriyanto, S. (2012). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi (EEK) serta kebencanaan sebagai bahan ajar mata pelajaran geografi SMA/MA di Kabupaten Rembang. Journal of Education Geography, 1(2).
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Syafitri, R. A., & Tressyalina (2020). “The importance of the student worksheets of electronic (E-LKPD) ontextual Teaching and Learning (CTL) in learning to write description text during pandemic COVID-19” 485: 284–87.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tukan, M. B., Komisia, F., Leba, M. A. U., & Amtonis, J. S. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) praktikum kimia berbasis lingkungan pada materi laju reaksi. Jurnal Koulutus, 3(1), 108-119.
Utami, E. W. (2020). Kendala dan peran orangtua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 471-479).
Wahyuni, D. T., Anwar, Y. A. S., Supriadi, S., & Junaidi, E. (2023). Analisis kemandirian belajar siswa dan ubungannya dengan hasil elajar kimia selama pembelajaran daring di SMAN 2 Sumbawa Besar. Chemistry Education Practice, 6(2), 255–261.
Widjayanti. (2008). Media Lembar Kerja Peserta Didik. Jakarta Rineka.
Widodo, S. (2017). "Pengembangan embar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan eterampilan Penyelesaian masalah lingkungan sekitar eserta didik di sekolah dasar". Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol.26(2): 189-204
Zakso, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 916-922.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.