E-LKPD Berbasis Culturally Responsive Transformative Teaching Menggunakan Liveworksheets pada Materi Reaksi Redoks

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.86707

Keywords:

CRTT, Materi reaksi redoks, Pengembangan E-LKPD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis model CRTT (Culturally Responsive Transformative Teaching) menggunakan Liveworksheets pada materi reaksi redoks yang valid berdasarkan pakar dan menganalisis respon pengguna. Desain penelitian yang digunakan ialah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan, karena batas penelitian ini hanya sampai menghasilkan produk E-LKPD sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil validasi diperoleh dengan persentase rata-rata terhadap keseluruhan aspek sebesar 95,26% dengan kriteria valid. Uji coba terbatas juga dilakukan kepada pengguna dengan hasil respon guru yang diperoleh sebesar 98,75% dengan kriteria sangat baik dan hasil respon peserta didik sebesar 97,69% dengan kriteria sangat baik. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam membangun pengetahuannya melalui konteks budaya lokal dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih relevan dan bermakna secara efektif dan efisien.

Author Biographies

Naura Lulu Nadhifa Athallah, Universitas Riau

merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Kimia di Universitas Riau. Minat penulisan mencakup pembelajaran kimia SMA di sekolah. Informasi kontak: naura.lulu0476@student.unri.ac.id

Jimmi Copriady, Universitas Riau

merupakan Dosen Pendidikan Kimia dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) periode 2023-2027 di Universitas Riau. Riwayat pendidikan S1 dan S2 di Universitas Padjadjaran dan S3 di Universiti Kebangsaan Malaysia. Informasi kontak: j.copriady@lecturer.unri.ac.id

Lenny Anwar, Universitas Riau

merupakan Dosen Pendidikan Kimia di Universitas Riau. Riwayat pendidikan S1 di Universitas Syiah Kuala, S2 dan S3 di Universitas Andalas. Informasi kontak: lenny.anwar@lecturer.unri.ac.id

References

Adawiyah, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2022). Pengembangan modul kimia etnosains terintegrasi model culturally responsive transformative teaching (crtt). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–128. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2395

Alvioniyati, V. T., & Pujosusanto, A. (2022). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan liveworksheet pada mata pelajaran bahasa jerman siswa kelas x di sma negeri 1 taman. LATERNE, 11(03), 106–117. https://doi.org/10.26740/lat.v11n03.p106-117

Amalia, A., Fahmy, A. F. R., Sari, N. H. M., Nugroho, D. A., Prabowo, D. S., Pujiono, I. P., Faradhillah, N., & Syukron, A. A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasisi Artificial Intelligence (AI) di Sekolah. NEM. Retrieved from https://www.penerbitnem.com/2024/10/pemanfaatan-media-pembelajaran-berbasis.html

Andrianie, D., Sudarmin, S., & Wardani, S. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan lks berbasis representasi kimia untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi redoks. Chemistry in Education, 7(2), 69–76.

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=j5EmEAAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false

Aulia, N. S., Anwar, M. A., & Irma, I. F. (2023). Penerapan model problem based learning (pbl) berbantuan lkpd terhadap hasil belajar peserta didik kelas x ibrahim tulle. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 978–984.

Brown, A., & Green, T. D. (2016). The Essentials of Instructional Design: Connecting Fundamental Principles with Process and Practice. Routledge. Retrieved from https://www.routledge.com/The-Essentials-of-Instructional-Design-Connecting-Fundamental-Principles-with-Process-and-Practice/Brown-Green/p/book/9781032520018?srsltid=AfmBOop__iWGDMkz-Qpq1m6iddFLz9k1NTP4sMeHSuhvkL9sb0t9vxx7

BSNP. (2012). Aspek Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik. BSNP.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Diniaty, A., & Atun, S. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) industri kecil kimia berorientasi kewirausahaan untuk smk. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 46–56. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4531

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Ditjen Dikdasmen. Retrieved from https://lmsspada.kemdiktisaintek.go.id/pluginfile.php/423304/mod_resource/content/1/9-Panduan%20bahan%20ajar%20berbasis%20web.pdf

Handayani, A. A. A. T., Andayani, Y., & Anwar, Y. A. S. (2022). Pengembangan lkpd ipa smp berbasis etnosains terintegrasi culturally responsive transformative teaching (crtt). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131–135. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i1.278

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.com/books/about/Pengembangan_Bahan_Ajar.html?id=UZ9OEAAAQBAJ

Mardhatilah, R., Zaini, M., & Kaspul, K. (2022). Pengaruh lkpd-elektronik sistem gerak terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 53–64. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.13

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Retrieved from https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-terapan-bidang-pendidikan/

Musliman, A., & Damayanti, F. (2024). GenDerAng: Pembelajaran Sains Berbasis Motivasi. Literasi Nusantara Abadi Grup. Retrieved from https://repository-penerbitlitnus.co.id/id/eprint/90/1/GenDerAng%20Pembelajaran%20Sains%20Berbasis%20Motivasi_.pdf

Nadlir, N. (2016). Urgensi pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299–330. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.299-330

Nugrohadi, S., & Chasanah, I. (2022). Identifikasi miskonsepsi siswa kelas x pada pembelajaran reaksi redoks di kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1085–1093. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.746

Prabowo, A. (2021). Penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402

Rahmawati, Y. (2018a). Peranan transformative learning dalam pendidikan kimia: pengembangan karakter, identitas budaya, dan kompetensi abad ke-21. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21009/JRPK.081.01

Rahmawati, Y. (2018b). Should we transform? Integration cultural ethics and values in chemistry teaching and learning. 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 383–385. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.102

Rahmawati, Y., Mardiah, A., Taylor, E., Taylor, P. C., & Ridwan, A. (2023). Chemistry learning through culturally responsive transformative teaching (crtt): educating indonesian high school students for cultural sustainability. Sustainability, 15(8), 1–18. https://doi.org/10.3390/su15086925

Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017). Empowering students’ chemistry learning: the integration of ethnochemistry in culturally responsive teaching. Chemistry: Bulgarian Journal of Science Education, 26(6), 813–830.

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan soft skills siswa melalui penerapan culturally responsive transformative teaching (crtt) dalam pembelajaran kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 86–96. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.317

Ramadini, A., & Linda, R. (2022). Kesulitan belajar pada materi pelajaran reaksi reduksi dan oksidasi siswa sma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 61–65. Retrieved from http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/54

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Retrieved from https://cvalfabeta.com/product/cskala-pengukuran-variabel-variabel-penelitian/

Rustamana, A., Sahl, K. H., Ardianti, D., & Sholihin, A. H. S. (2024). Penelitian dan pengembangan (research & development) dalam pendidikan. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014

Sasmita, A., Melati, H. A., & Lestari, I. (2017). Deskripsi kesalahan siswa pada konsep reaksi reduksi oksidasi di kelas x sma negeri 5 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(12), 1–12. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23065

Septiani, D. A., Andayani, Y., & Astuti, B. R. P. (2024). Penerapan model problem based learning terintegrasi culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar kimia. DIDAKTIKA: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.63757/jptk.v2i1.16

Sudikan, S. Y., Indarti, T., & Faizin. (2023). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan dan Pembelajaran. UMM Press. Retrieved from https://ummpress.umm.ac.id/buku/detail/metode-penelitian-dan-pengembangan-research-and-development-dalam-pendidikan-dan-pembelajaran

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Retrieved from https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-mpkk-lama/

Susilawati, S. A., Musiyam, M., & Wardana, Z. A. (2021). Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar. Muhammadiyah University Press. Retrieved from https://mup.ums.ac.id/shop/keguruan-ilmu-pendidikan/pengantar-pengembangan-bahan-media-ajar

Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). Lkpd sebagai media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dalam muatan ipa sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304

Umbaryati, U. (2016). Pentingnya lkpd pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA, prosiding seminar nasional matematika, 217–225. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21473

Wardani, L. K., Mulyani, B., Ariani, S. R. D., Yamtinah, S., Masykuri, M., Ulfa, M., & Shidiq, A. S. (2023). The effect of an ethnochemistry-based culturally responsive teaching approach to improve cognitive learning outcomes on green chemistry material in high school. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11029–11037. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5532

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. Retrieved from https://pustakapelajar.co.id/product/teknik-penyusunan-instrumen-penelitian

Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan R&D. Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.com/books/about/Teori_dan_Praktik_Penelitian_Kuantitatif.html?id=Fx0mEAAAQBAJ

Yakina, Y., Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas x di sma negeri 1 sungai ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 288–297.

Yasa, I. W. A. P., Putra, R. W., Kurniawan, H., Ruslan, A., Muhdaliha, B., Suryani, R. I., Dwitasari, P., Jayanegara, I. N., Mustikadara, I. S., Asia, S. N., Prasetyo, D., Alamin, R. Y., Negoro, A. T., Anggasta, B., Lesmana, P. S. W., Sutarwiyasa, I. K., Ramadhani, N., & Judijanto, L. (2024). Desain Komunikasi Visual (Teori dan Perkembangannya). Sonpedia Publishing Indonesia. Retrieved from https://buku.sonpedia.com/2024/04/desain-komunikasi-visual.html

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Athallah, N. L. N., Copriady, J., & Anwar, L. (2025). E-LKPD Berbasis Culturally Responsive Transformative Teaching Menggunakan Liveworksheets pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 296–310. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.86707

Citation Check