E-LKPD Berbasis Culturally Responsive Transformative Teaching Menggunakan Liveworksheets pada Materi Reaksi Redoks
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.86707Keywords:
CRTT, Materi reaksi redoks, Pengembangan E-LKPDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis model CRTT (Culturally Responsive Transformative Teaching) menggunakan Liveworksheets pada materi reaksi redoks yang valid berdasarkan pakar dan menganalisis respon pengguna. Desain penelitian yang digunakan ialah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. Prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan, karena batas penelitian ini hanya sampai menghasilkan produk E-LKPD sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil validasi diperoleh dengan persentase rata-rata terhadap keseluruhan aspek sebesar 95,26% dengan kriteria valid. Uji coba terbatas juga dilakukan kepada pengguna dengan hasil respon guru yang diperoleh sebesar 98,75% dengan kriteria sangat baik dan hasil respon peserta didik sebesar 97,69% dengan kriteria sangat baik. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam membangun pengetahuannya melalui konteks budaya lokal dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih relevan dan bermakna secara efektif dan efisien.
References
Adawiyah, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2022). Pengembangan modul kimia etnosains terintegrasi model culturally responsive transformative teaching (crtt). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–128. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2395
Alvioniyati, V. T., & Pujosusanto, A. (2022). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan liveworksheet pada mata pelajaran bahasa jerman siswa kelas x di sma negeri 1 taman. LATERNE, 11(03), 106–117. https://doi.org/10.26740/lat.v11n03.p106-117
Amalia, A., Fahmy, A. F. R., Sari, N. H. M., Nugroho, D. A., Prabowo, D. S., Pujiono, I. P., Faradhillah, N., & Syukron, A. A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasisi Artificial Intelligence (AI) di Sekolah. NEM. Retrieved from https://www.penerbitnem.com/2024/10/pemanfaatan-media-pembelajaran-berbasis.html
Andrianie, D., Sudarmin, S., & Wardani, S. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan lks berbasis representasi kimia untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi redoks. Chemistry in Education, 7(2), 69–76.
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=j5EmEAAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false
Aulia, N. S., Anwar, M. A., & Irma, I. F. (2023). Penerapan model problem based learning (pbl) berbantuan lkpd terhadap hasil belajar peserta didik kelas x ibrahim tulle. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 978–984.
Brown, A., & Green, T. D. (2016). The Essentials of Instructional Design: Connecting Fundamental Principles with Process and Practice. Routledge. Retrieved from https://www.routledge.com/The-Essentials-of-Instructional-Design-Connecting-Fundamental-Principles-with-Process-and-Practice/Brown-Green/p/book/9781032520018?srsltid=AfmBOop__iWGDMkz-Qpq1m6iddFLz9k1NTP4sMeHSuhvkL9sb0t9vxx7
BSNP. (2012). Aspek Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik. BSNP.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Diniaty, A., & Atun, S. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) industri kecil kimia berorientasi kewirausahaan untuk smk. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 46–56. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4531
Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Ditjen Dikdasmen. Retrieved from https://lmsspada.kemdiktisaintek.go.id/pluginfile.php/423304/mod_resource/content/1/9-Panduan%20bahan%20ajar%20berbasis%20web.pdf
Handayani, A. A. A. T., Andayani, Y., & Anwar, Y. A. S. (2022). Pengembangan lkpd ipa smp berbasis etnosains terintegrasi culturally responsive transformative teaching (crtt). Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131–135. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i1.278
Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.com/books/about/Pengembangan_Bahan_Ajar.html?id=UZ9OEAAAQBAJ
Mardhatilah, R., Zaini, M., & Kaspul, K. (2022). Pengaruh lkpd-elektronik sistem gerak terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 53–64. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.13
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Retrieved from https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-terapan-bidang-pendidikan/
Musliman, A., & Damayanti, F. (2024). GenDerAng: Pembelajaran Sains Berbasis Motivasi. Literasi Nusantara Abadi Grup. Retrieved from https://repository-penerbitlitnus.co.id/id/eprint/90/1/GenDerAng%20Pembelajaran%20Sains%20Berbasis%20Motivasi_.pdf
Nadlir, N. (2016). Urgensi pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299–330. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.299-330
Nugrohadi, S., & Chasanah, I. (2022). Identifikasi miskonsepsi siswa kelas x pada pembelajaran reaksi redoks di kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1085–1093. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.746
Prabowo, A. (2021). Penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402
Rahmawati, Y. (2018a). Peranan transformative learning dalam pendidikan kimia: pengembangan karakter, identitas budaya, dan kompetensi abad ke-21. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21009/JRPK.081.01
Rahmawati, Y. (2018b). Should we transform? Integration cultural ethics and values in chemistry teaching and learning. 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017), 383–385. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.102
Rahmawati, Y., Mardiah, A., Taylor, E., Taylor, P. C., & Ridwan, A. (2023). Chemistry learning through culturally responsive transformative teaching (crtt): educating indonesian high school students for cultural sustainability. Sustainability, 15(8), 1–18. https://doi.org/10.3390/su15086925
Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017). Empowering students’ chemistry learning: the integration of ethnochemistry in culturally responsive teaching. Chemistry: Bulgarian Journal of Science Education, 26(6), 813–830.
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan soft skills siswa melalui penerapan culturally responsive transformative teaching (crtt) dalam pembelajaran kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 86–96. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.317
Ramadini, A., & Linda, R. (2022). Kesulitan belajar pada materi pelajaran reaksi reduksi dan oksidasi siswa sma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 61–65. Retrieved from http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/54
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Retrieved from https://cvalfabeta.com/product/cskala-pengukuran-variabel-variabel-penelitian/
Rustamana, A., Sahl, K. H., Ardianti, D., & Sholihin, A. H. S. (2024). Penelitian dan pengembangan (research & development) dalam pendidikan. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014
Sasmita, A., Melati, H. A., & Lestari, I. (2017). Deskripsi kesalahan siswa pada konsep reaksi reduksi oksidasi di kelas x sma negeri 5 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(12), 1–12. https://doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23065
Septiani, D. A., Andayani, Y., & Astuti, B. R. P. (2024). Penerapan model problem based learning terintegrasi culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar kimia. DIDAKTIKA: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.63757/jptk.v2i1.16
Sudikan, S. Y., Indarti, T., & Faizin. (2023). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan dan Pembelajaran. UMM Press. Retrieved from https://ummpress.umm.ac.id/buku/detail/metode-penelitian-dan-pengembangan-research-and-development-dalam-pendidikan-dan-pembelajaran
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Retrieved from https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-mpkk-lama/
Susilawati, S. A., Musiyam, M., & Wardana, Z. A. (2021). Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar. Muhammadiyah University Press. Retrieved from https://mup.ums.ac.id/shop/keguruan-ilmu-pendidikan/pengantar-pengembangan-bahan-media-ajar
Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). Lkpd sebagai media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dalam muatan ipa sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya lkpd pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA, prosiding seminar nasional matematika, 217–225. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21473
Wardani, L. K., Mulyani, B., Ariani, S. R. D., Yamtinah, S., Masykuri, M., Ulfa, M., & Shidiq, A. S. (2023). The effect of an ethnochemistry-based culturally responsive teaching approach to improve cognitive learning outcomes on green chemistry material in high school. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11029–11037. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5532
Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. Retrieved from https://pustakapelajar.co.id/product/teknik-penyusunan-instrumen-penelitian
Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan R&D. Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.com/books/about/Teori_dan_Praktik_Penelitian_Kuantitatif.html?id=Fx0mEAAAQBAJ
Yakina, Y., Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas x di sma negeri 1 sungai ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 288–297.
Yasa, I. W. A. P., Putra, R. W., Kurniawan, H., Ruslan, A., Muhdaliha, B., Suryani, R. I., Dwitasari, P., Jayanegara, I. N., Mustikadara, I. S., Asia, S. N., Prasetyo, D., Alamin, R. Y., Negoro, A. T., Anggasta, B., Lesmana, P. S. W., Sutarwiyasa, I. K., Ramadhani, N., & Judijanto, L. (2024). Desain Komunikasi Visual (Teori dan Perkembangannya). Sonpedia Publishing Indonesia. Retrieved from https://buku.sonpedia.com/2024/04/desain-komunikasi-visual.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.