PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA AKUNTANSI
THE EFFECT OF IMPLEMENTING A TEAM GAMES TOURNAMENT TYPE LEARNING MODEL ON COLLABORATION SKILLS OF ACCOUNTING STUDENTS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan kolaborasi siswa akuntansi. Penelitian ini mengamati pentingnya kolaborasi sebagai soft skill yang penting di abad ke-21, yang berguna dalam pembelajaran yang efektif dan kesuksesan di masa depan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Penelitian ini diimplementasikan pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Sampel penelitian berupa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang memiliki jumlah 71 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang didasarkan pada skala Likert. Uji normalitas dan homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah data memenuhi uji prasyarat. Pengujian hipotesis terdiri dari uji Paired Sample t-Test, Independent Sample t-Test, dan N-Gain yang dihitung dengan software SPSS versi 26.0 for windows. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa model pembelajaran TGT berbantu media Fabulous secara efektif memengaruhi kemampuan kolaborasi siswa, yang dibuktikan dengan skor N-Gain sebesar 0,4162 pada kelompok eksperimen. Artinya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu media Fabulous mampu memengaruhi keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran akuntansi. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah apabila pendidik ingin meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa yang dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif, maka pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran tipe TGT ini dalam pembelajarannya.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Keterampilan Kolaborasi; Pendidikan; Akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 kalila rahma joharistima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.