PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA AKUNTANSI

THE EFFECT OF IMPLEMENTING A TEAM GAMES TOURNAMENT TYPE LEARNING MODEL ON COLLABORATION SKILLS OF ACCOUNTING STUDENTS

Authors

  • Kalila Rahma Joharistima Universitas Sebelas Maret
  • Sri Sumaryati Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan kolaborasi siswa akuntansi. Penelitian ini mengamati pentingnya kolaborasi sebagai soft skill yang penting di abad ke-21, yang berguna dalam pembelajaran yang efektif dan kesuksesan di masa depan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Penelitian ini diimplementasikan pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Sampel penelitian berupa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang memiliki jumlah 71 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang didasarkan pada skala Likert. Uji normalitas dan homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah data memenuhi uji prasyarat. Pengujian hipotesis terdiri dari uji Paired Sample t-Test, Independent Sample t-Test, dan N-Gain yang dihitung dengan software SPSS versi 26.0 for windows. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa model pembelajaran TGT berbantu media Fabulous secara efektif memengaruhi kemampuan kolaborasi siswa, yang dibuktikan dengan skor N-Gain sebesar 0,4162 pada kelompok eksperimen. Artinya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu media Fabulous mampu memengaruhi keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran akuntansi. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah apabila pendidik ingin meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa yang dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif, maka pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran tipe TGT ini dalam pembelajarannya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Keterampilan Kolaborasi; Pendidikan; Akuntansi

Downloads

Published

04/30/2025

How to Cite

Joharistima, K. R., & Sumaryati, S. (2025). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA AKUNTANSI: THE EFFECT OF IMPLEMENTING A TEAM GAMES TOURNAMENT TYPE LEARNING MODEL ON COLLABORATION SKILLS OF ACCOUNTING STUDENTS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 23(01), 77–89. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/83984