MAMPUKAH TAM MENJELASKAN FAKTOR-FAKTOR DALAM PENGGUNAAN SIPEJAR?
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.58844Abstract
Dalam rangka untuk memberikan kesempatan belajar yang lebih bermakna dan berkualitas bagi peserta didik, perguruan tinggi secara kontinu terus memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satu contoh yaitu, adanya penggunaan e-learning dalam proses pembelajaran yang memberikan beragam kemudahan bagi pendidik dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kebermanfaatan platform SIPEJAR yang digunakan oleh mahasiswa dalam mengakses konten pembelajaran yang telah dikembangkan pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi. Penelitian ini dibingkai dalam model Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Penelitian dilakukan terhadap 182 mahasiswa Universitas Negeri Malang yang diambil secara acak. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa computer self-efficacy berpengaruh positif signifikan tehadap perceived ease of use, perceived usefulness, dan attitude. Selanjutnya, perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness dan usage. Perceived usefulness juga berpengaruh positif signifikan terhadap attitude dan usage. Namun, attitude tidak berpengaruh terhadap usage, begitupun perceived ease of use terhadap attitude. Dengan demikian, diperlukan peran pendidik yang lebih maksimal dalam memanfaatkan SIPEJAR, sehingga pembelajaran lebih interaktif dan kreatif.
Kata kunci: Computer self-efficacy, Percieved ease of use, Percieved usefulness, Attitude, Usage
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.