EFEK GENDER, KESULITAN AKUNTANSI, PELUANG KARIR DAN SINDROM IMPOSTOR TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v20i1.47519Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat serta membuktikan adanya efek dari gender, kesulitan akuntansi, peluang karir dan fenomena sindrom impostor terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih jurusan akuntansi PTN atau PTS di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif memakai sumber data primer yang didapatkan dari menyebar kuesioner. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa akuntansi dan manajemen program S1 angkatan 2018 di Perguruan Tinggi Negeri Surabaya (UPN Veteran Jawa Timur) dan Perguruan Tinggi Swasta Surabaya (Universitas Surabaya). Pengambilan sampel dihitung memakai persamaan slovin diperoleh sampel 291 mahasiswa. Cara pemilihan sampel memakai purposive sampling. Teknik yang dipakai untuk analisis data ialah regresi logistic yang dihitung memakai SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peluang karir berdampak positif bagi keputusan mahasiswa dalam menentukan jurusan akuntansi, sedangkan gender, kesulitan akuntansi dan fenomena sindrom impostor berdampak negatif bagi keputusan mahasiswa dalam menentukan jurusan akuntansi
Kata Kunci: Gender, Kesulitan akuntansi, Peluang Karir, Sindrom impostor, Akuntansi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.