PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS TERHADAP ASPIRASI KARIR BIDANG AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v20i1.47105Abstract
Bidang akuntansi merupakan salah satu bidang pekerjaan yang menarik. Hal ini karena bidang akuntansi merupakan bidang yang berorientasi pada detail. Pada umumnya, pekerjaan akuntan terkenal dengan keterampilannya dalam hal menulis laporan keuangan. Namun, mengingat kebutuhan dunia kerja yang semakin kompleks, keterampilan interpersonal dan komunikasi menjadi penting untuk dikembangkan dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Hal ini membuat lulusan akuntansi harus mempunyai keterampilan yang unggul untuk dapat bersaing dengan lulusan lainnya. Proses pemilihan atau pengambilan keputusan karir seseorang di bidang akuntansi melibatkan banyak hal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh Self-efficacy dan kemampuan Bahasa Inggris terhadap aspirasi karir bidang akuntansi mahasiswa Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian ini adalah 167 mahasiswa tingkat akhir Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang dengan metode Proportional stratified random sampling. Selanjutnya, data diolah menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Self-efficacy dan kemampuan Bahasa Inggris berpengaruh positif signifikan terhadap aspirasi karir bidang akuntansi mahasiswa Universitas Negeri Malang.
Kata Kunci: Self-efficacy; Kemampuan Bahasa Inggris; Aspirasi Karir; Akuntansi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.