PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH

Sovia Riza Berliana, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya,, Indonesia
Luqman Hakim, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan peserta didik atau LKPD berbasis saintifik mata pelajaran akuntansi perbankan syariah. Penelitian ini berfungsi mengetahui kelayakan LKPD yang dinilai oleh para ahli juga mengetahui respon dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) memakai model 4D (Four D) oleh Thiagarajan yaitu define, design, develop, dan disseminate, tetapi dilakukan hanya dengan 3 tahapan hingga tahapan develop tanpa melaksanakan tahapan disseminate karena keterbatasan waktu dan biaya. Pada penelitian ini menggunakan dua angket yaitu angket terbuka yang diisi oleh ahli telaah pada lembar telaah dan angket tertutup untuk ahli validator untuk memvalidasi serta angket  respon peserta didik. Jenis data yang diperoleh pada pengembangan ini ialah data kuantitatif dan data kualitatif, kemudian dianalisa kembali secara deskriptif. Pengembangan ini mendapatkan hasil kelayakan dari segi muatan isi serta penyajian, segi bahasa, dan segi grafis dari hasil validasi para ahli validator dan mendapatkan hasil rata-rata kriteria sebesar 80,94% dikatakan layak. Hasil angket respon peserta didik yang diberikan kepada peserta didik kelas XII di SMK Negeri 2 Mojokerto mendapatkan hasil rata-rata sebesar 89,38% dikatakan sangat memahami sesuai kriteria. Hasil penilaian yang diperoleh ditarik kesimpulan LKPD yang dihasilkan dikatakan layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung kegiatan pembelajaran.

 

Kata Kunci: LKPD, Akuntansi Perbankan Syariah, Saintifik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v20i1.37623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.