PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v20i1.37623Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan peserta didik atau LKPD berbasis saintifik mata pelajaran akuntansi perbankan syariah. Penelitian ini berfungsi mengetahui kelayakan LKPD yang dinilai oleh para ahli juga mengetahui respon dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) memakai model 4D (Four D) oleh Thiagarajan yaitu define, design, develop, dan disseminate, tetapi dilakukan hanya dengan 3 tahapan hingga tahapan develop tanpa melaksanakan tahapan disseminate karena keterbatasan waktu dan biaya. Pada penelitian ini menggunakan dua angket yaitu angket terbuka yang diisi oleh ahli telaah pada lembar telaah dan angket tertutup untuk ahli validator untuk memvalidasi serta angket respon peserta didik. Jenis data yang diperoleh pada pengembangan ini ialah data kuantitatif dan data kualitatif, kemudian dianalisa kembali secara deskriptif. Pengembangan ini mendapatkan hasil kelayakan dari segi muatan isi serta penyajian, segi bahasa, dan segi grafis dari hasil validasi para ahli validator dan mendapatkan hasil rata-rata kriteria sebesar 80,94% dikatakan layak. Hasil angket respon peserta didik yang diberikan kepada peserta didik kelas XII di SMK Negeri 2 Mojokerto mendapatkan hasil rata-rata sebesar 89,38% dikatakan sangat memahami sesuai kriteria. Hasil penilaian yang diperoleh ditarik kesimpulan LKPD yang dihasilkan dikatakan layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: LKPD, Akuntansi Perbankan Syariah, Saintifik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.