PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QR CARD AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR JURNAL PENUTUP SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22056Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi yang dapat mengingkatkan Motivasi Belajar Jurnal Penutup Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Penilaian kelayaan media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Akuntansi, dan siswa melalui uji coba kelompok kecil. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bantul dengan jumlah total 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran QR Card Akuntansi layak digunakan sebagai media pembelajaran Akuntansi yang dapat meningkatkan Motivasi Belajar Jurnal Penutup meskipun relatif rendah. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kelayakan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi dinilai sangat layak oleh para ahli dan juga siswa dengan rata-rata skor 3,50 oleh ahli materi, 3,56 oleh ahli media, 3,60 oleh praktisi pembelajaran akuntansi, dan 3,34 oleh siswa. Kemudian dari perhitungan nilai gain diperoleh 0,17 yang termasuk kategori rendah dan hasil uji t berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi.
Kata Kunci: Akuntansi, Belajar, Jurnal Penutup, Media, Motivasi, QR Card.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.