PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22052Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018, 2) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018, 3) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018, 4) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Seabaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach's. Uji prayarat analisis data meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai =799 dan =0,638, 2) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai =730 dan =0,533, 3) terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai =795 dan =0,631, 4) terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan =0,876 dan = 0,768, artinya bahwa Persepsi Siswa tentang Medote Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan sebesar 76,8% .
Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.