PENGEMBANGAN FUN TAX BERBASIS ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA

Luthfi Nurlaily, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengembangkan Fun Tax berbasis Ular Tangga sebagai media pembelajaran Administrasi Pajak siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta. 2) mengetahui penilaian terhadap kelayakan Fun Tax berbasis Ular Tangga. Penilaian kelayakan tersebut meliputi Ahli Materi, Ahli Media, Guru, dan Siswa.

Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Four-D (4D). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru, serta siswa SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah Fun Tax berbasis Ular Tangga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Tahapan dalam pengembangan Fun Tax berbasis Ular Tangga ini meliputi empat tahap, yaitu: (1) Define, dengan melakukan observasi, wawancara, dan analisis kebutuhan yang meliputi, analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, analisis materi, dan merumuskan tujuan. (2) Design, yaitu dengan menetapkan media pembelajaran yang akan dikembangkan, merancang penyajian media, dan pembuatan media pembelajaran Fun Tax yang terdiri dari perancangan konsep Fun Tax, penyusunan materi Pajak Penghasilan, serta penyusunan instrumen angket penilaian produk. 3) Develop, media Fun Tax dinilai oleh para validator yang terdiri dari Ahli Materi, Ahli Media, dan Guru. Pada tahap ini juga dilakukan uji pengembangan terhadap siswa. (4) Disseminate, media Fun Tax telah disebarkan di SMK YPKK 2 Sleman dan SMK Sriwijaya 2 Wangon. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan Fun Tax berbasis Ular Tangga sebagai media pembelajaran Administrasi Pajak berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,5 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, ahli media diperoleh rata-rata skor 4,55 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, guru Administrasi Pajak diperoleh rata-rata 4,76 yang termasuk kategori Sangat Layak, dan uji pengembangan oleh siswa sebesar 4,26 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak.

 

Kata Kunci: Fun Tax, Ular Tangga, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.