PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17221Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dalam dua pertemuan, setiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan siswa kelas X Ak SMK Muhammadiyah Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan peningkatan persentase skor observasi sebesar 81.13%. Kemudian berdasarkan data dari angket skor rata-rata sebesar77.88%.
Kata kunci: Think Pair Share, Motivasi Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.