PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Bagas Dwi Pratomo Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sukanti Sukanti Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dalam dua pertemuan, setiap siklus terdiri dari empat rencana tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan siswa kelas X Ak SMK Muhammadiyah Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan peningkatan persentase skor observasi sebesar 81.13%. Kemudian berdasarkan data dari angket skor rata-rata sebesar77.88%.

 

Kata kunci: Think Pair Share, Motivasi Belajar

Downloads

Published

12/07/2017

How to Cite

Pratomo, B. D., & Sukanti, S. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2), 92–99. https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17221