PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA INDIVIDU PADA UMKM DI KOTA PADANG

Helmawati Helmawati, Universitas Bung Hatta
Ethika Ethika, Universitas Bung Hatta
Rahmat Hidayat, Universitas Bung Hatta

Abstract


UMKM sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat. Berbagai upaya dilakukan pemerintah agar seluruh masyarakat memiliki penghasilan dan kalau memungkinkan memiliki usaha sendiri, seperti pelatihan, pembinaan dan pendampingan. Tetapi usaha tersebut tidak menjamin UMKM semakin meningkat, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Karena Jumlah penduduk menganggur di Sumatra Barat bertambah 12.800 orang dalam satu tahun belakangan, sejak 2016 hingga 2017. Padahal jika UMKM berkembang akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat karena akan mengurangi pengangguran dan meningkatkan indeks pembangunan manusia di sumatera barat. Bagus tidaknya kinerja UMKM sangat ditentukan oleh kinerja individu yang mengelola UMKM tersebut. Dan kinerja individu tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Oleh karena itu peneliti meneliti berbagai faktor yang diduga berpengaruh terhadap kinerja individu pada UMKM di kota Padang, seperti, gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, budaya organisasi, motovasi kerja dan locus of control. Berdasarkan pengolahan data dengan program SPPS 16. Secara simultan keempat variabel itu tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja Pada UMKM Di Kota Padang  tetapi secara parsial hanya variabel morivasi kerja yang berpengaruh terhadap kinerja individu pada derajat α 10%. Dan besarnya variasi kemampuan keempat variabel itu dalam menjelaskan kinerja individu sangat kecil, yaitu 4,2%.

 

Kata Kunci: UMKM, Gaya Kepemimpinan, Lingkungan kerja, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Locus of Control, Kinerja individu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.