PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI

Mirza Rahmadany, Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang
Bety Nur Achadiyah, Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran  Problem Based Learning dan Project Based Learning dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dalam mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model penembangan Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Subjek coba penelitian ini adalah guru mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang serta siswa kelas XI AK 3 dan XI AK 4 yang masing-masing berjumlah 36 dan 31 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dan deskriptif persentase. Hasil validasi ahli pembelajaran  diperoleh nilai sebesar 84,38%, 75% dari ahli materi, 77,26% dari ahli pengembangan bahan ajar, serta dari pengguna yaitu guru 75% dan siswa sebesar 82,29%. Rata-rata persentase keseluruhan sebesar 79,79% untuk model pembelajaran, 75% untuk materi pembelajaran yang terdapat dalam buku guru dan siswa, serta 77,26% untuk buku siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang terdiri dari buku guru dan siswa yang dikembangkan layak serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.Saran pengembangan produk lebih lanjut: (1) Model pembelajaran ini masih digunakan hanya di satu mata pelajaran dan satu sekolah. Pengembangan selanjutnya dapat menggunakan materi atau pelajaran lain dan sekolah lainnya. (2) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran dengan konsep yang lain, (3) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menguji efektifitas model pembelajaran saintifik dan membandingkan model pembelajaran ini dengan model pembelajaran lainnya.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Saintifik, Akuntansi, Problem Based Learning, Project Based Learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.