ANALISIS KESIAPAN SERTIFIKASI KOMPETENSI PADA SUB KOMPETENSI KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN SESUAI DENGAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK) BAGI MAHASISWA PRODI AKUNTANSI D3 FAKULTAS EKONOMI (FE) UNY BERDASARKAN SERTIFIKASI KEAHLIAN AKUNTANSI DASAR IKATAN AKUNTAN INDONESIA (IAI)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v14i2.12874Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan mahasiswa Program Studi Akuntansi D3 Fakultas Ekonomi UNY menghadapi uji sertifikasi kompetensi Akuntansi berdasarkan sertifikasi keahlian Akuntansi Dasar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) guna mendukung persaingan dalam dunia tenaga kerja di era globalisasi.
Penelitian ini termasuk penelitian observasi dengan populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi D3 FE UNY yang sedang menempuh studi semester V sejumlah 47 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah Dokumen Hasil Studi (DHS) berupa nilai mata kuliah terkait kompetensi yang diuji dalam sertifikasi keahlian Akuntansi Dasar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan mahasiswa dalam menghadapi uji sertifikasi kompetensi di bidang Akuntansi Dasar (USKAD). Terdapat tiga kompetensi yang diuji dalam penelitian ini, yaitu mampu menyusun laporan keuangan; menyusun dan menyajikan laporan keuangan; dan melakukan analisis laporan keuangan. Penelitian ini hanya membahas salah satu sub kompetensi dari tiga kompetensi yang diujikan pada sertifikasi kompetensi di bidang Akuntansi Dasar (USKAD), yaitu kemampuan mahasiswa dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dalam bentuk tabel kategorisasi kesiapan mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebanyak 48,9% mahasiswa dikategorikan sangat siap; 21,3% siap; 19,1% cukup siap; dan 10,6% kurang siap dalam menghadapi uji kompetensi menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).
Kata kunci: Sertifikasi Kompetensi, Sertifikasi Akuntansi, IAI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.