KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS GAMIFIKASI AKUNTANSI PADA MAHASISWA NON-AKUNTANSI

Authors

  • Endra Murti Sagoro Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v14i2.12870

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif berbasis gamifikasi akuntansi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa non-akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) Eksperimen dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi D3 Manajemen Pemasaran FE UNY. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif berbasis gamifikasi akuntansi dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa non-akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 57,17 menjadi 87,60 dan persentase pemenuhan kriteria minimal sebelum dan sesudah penerapan tindakan sebesar 17,39% dan 82,61% serta uji Paired Sample T-Test dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Penerapan metode ini juga lebih efektif jika dibandingkan metode ceramah dan latihan dibuktikan dengan uji Independent Sample T-Test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,029.

 Kata kunci: pembelajaran kooperatif, gamifikasi akuntansi, PTK 

Downloads

Published

02/05/2017

How to Cite

Sagoro, E. M. (2017). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS GAMIFIKASI AKUNTANSI PADA MAHASISWA NON-AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i2.12870