ANALISIS KEBUTUHAN SOFT SKILL DALAM MENDUKUNG KARIR ALUMNI AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v14i2.12866Abstract
Kajian Tracer Study ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif yang berusaha mendeskripsikan kebutuhan soft skill alumni yang mendukung karier di dunia usaha. Penelitian ini mencoba menganalisis berdasarkan jenis pekerjaan alumni dan posisi alumni serta soft skill yang dimiliki oleh alumni
Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, mulai April-Agustus 2016. Adapun tempaat penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta. Variabel penelitian ini adalah Analisis Kebutuhan Soft Skill Dalam Mendukung Karier Alumni Akuntansi yaitu suatu penyelidikan untuk mengetahui peta soft skill yang dimiliki dan kebutuhan soft skill apasaja yang mendukung karier alumni Akuntansi sebenarnya. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa alumni Prodi Akuntansi. Adapun sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2004-2014 (lulusan Prodi Akuntansi untuk 10 angkatan, termasuk kelas PKS) yang lulus antara 2009-2016. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) yang didistribusikan kepada populasi penelitian. Penelitian ini akan menggunakan indikator soft skill yang dikembangkan dari Hairi et al (2011) dengan modifikasi skala likert 1-5 menjadi skala 1-7.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alumni prodi akuntansi telah memiliki kelima skills (Communication Skill, Critical Thinking Skill, Team Work Skill, Program and Project Management Skill dan Decision-Making and Problem Solving Skill). Semua soft skill tersebut sangat penting dalam menunjang karier sehingga harus dimasukan dalam proses pembelajaran dan didukung melalui kegiatan ekstrakurikuler (kegiatan kemahasiswaan). Oleh karena soft skills adalah keterampilan yang bersifat non teknis, invisible, dan unimmediate, maka Softskills tidak dapat diajarkan, tetapi dapat ditularkan dan dipraktikkan berulang-ulang dengan didampingi oleh mentor.
Kata kunci: Communication Skill, Critical Thinking Skill, Team Work Skill, Program and Project Management Skill dan Decision-Making and Problem Solving Skil
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.