Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru dan Staf
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.34635Keywords:
kepemimpinan transformasional, kepemimpinan kepala sekolah, etos kerjaAbstract
Kepemimpinan transformasional berfokus pada pencapaian perubahan nilai-nilai, kepercayaan, sikap, perilaku, emosional, dan kebutuhan staf menuju perubahan yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru dan staf. Sampel penelitian ini yaitu 56 guru dan staf di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan program Microsoft Excel 2016 dan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan etos kerja guru beserta staf dengan nilai koefisien sebesar 0,370. Selain itu, gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh sebesar 13,7% terhadap etos kerja guru dan staf. Jika gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah ditingkatkan sebesar 53,483 maka nilai etos kerja guru dan staf akan bertambah sebesar 0,260. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan dan penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah.
References
Anoraga, P. (1992). Psikologi kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Carudin. (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru . Jurnal Administrasi Pendidikan.
Danim, S. (2004). Motivasi kepemimpinan dan efektivitas kelompok. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Daryanto. (2005). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dubrin, A. (2005). Leadership. Jakarta: Prenada Media.
Ng, T. W., Lam, S. S., & Feldman, D. C. (2016). Organizational citizenship behavior and counterproductive work behavior: Do males and females differ?. Journal of Vocational Behavior, 93, 11-32.
Pradana, M. A., & Bambang S. S. H. D. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 4. No 1. Agustus 2013. Halaman 1-11.
Rees, E. (2001). Seven principles of transformational leadership: creating a synergy of energy. New York: Sage.
Robbins, S.P. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: PT Indeks
Robbins, S. Dan Timothy A, J. (2010). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Rolasmana. M. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan, efektivitas pengambilan keputusan, dan pemberian kompensasi insentif terhadap kinerja karyawan bagian keuangan pada swalayan di tanjungpinang. Jurnal. tanjung pinang: Universitas maritim
Safaria, T. (2004). Kepemimpinan. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.
Soetopo, H. W. S. (2010). Pengantar operasional administrasi pendidikan. Surabaya: Usaha nasional.
Sinamo, J. (2005). Etos kerja profesional. Jakarta: PT. Spirit Mahardika.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan dan motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Yukl, G. (2010). Kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: PT.Indeks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.