PERAN KEPALA SEKOLAH DAN PUSTAKAWAN DALAM PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH SAPEN DAN SD NEGERI GIWANGAN

Authors

  • Widya Setyaningrum Bagyoastuti
  • Wiwik Wijayanti Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8199

Keywords:

peran kepala sekolah, peran pustakawan, pemberdayaan perpustakaan sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran kepala sekolah dalam memberdayakan perpustakaan sekolah dasar, dan (2) peran pustakawan dalam memberdayakan perpustakaan sekolah dasar. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menjadikan perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen dan SD Negeri Giwangan sebagai subjek penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan mengacu pada model interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan perpustakaan sekolah dasar dimulai manakala terdapat dukungan kepala sekolah dan hadirnya pustakawan penuh waktu yang profesional. Kepala sekolah berperan sebagai (1) manajer sekolah, (2) pemimpin instruksional, dan (3) agen perubahan. Pustakawan berperan sebagai (1) manajer perpustakaan, (2) ahli informasi dan penggiat literasi informasi, (3) pelaku instruksional, dan (4) kolaborator. Pemberdayaan perpustakaan dapat dilakukan dengan (1) meningkatkan partisipasi warga sekolah dalam pengembangan koleksi pustaka, (2) meningkatkan kolaborasi antara pustakawan dengan guru dalam pembelajaran, dan (3) pengembangan literasi informasi yang terintegrasi ke dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2016-04-29

How to Cite

Bagyoastuti, W. S., & Wijayanti, W. (2016). PERAN KEPALA SEKOLAH DAN PUSTAKAWAN DALAM PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH SAPEN DAN SD NEGERI GIWANGAN. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 131–145. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8199

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)