IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI (STUDI KASUS) DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

 Basuki Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) implementasi program akselerasi di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, dan (2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program akselerasi di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui implementasi program yang meliputi: supervisi akademik kepala sekolah, upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru akselerasi, rekrutmen siswa akselerasi, kendala- kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program akselerasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui sarana prasarana dan pemanfaatannya untuk implementasi program akselerasi. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui dokumen yang diperlukan dalam implementasi program akselerasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) implementasi program akselerasi meliputi: (a) rekrutmen siswa akselerasi melalui dua tahapan yaitu informasi dan seleksi. (b) upaya peningkatan kemampuan guru melalui diklat dan pendampingan dari UKP UGM. (c) pemanfaatan sarana dan prasarana didukung oleh sumberdaya manusia sesuai ahlinya supaya efektif dan efisien.(d) upaya kepala sekolah memotivasi guru akselerasi dilakukan setiap ada pertemuan, secara finansial guru akselerasi mendapat intensif, dan pemberian motivasi dari UKP UGM. (2) kendala yang ada dalam implementasi program yaitu adanya sebagian orang tua siswa tidak maksimal dalam pendampingan anaknya dan kebosanan anak dalam belajar karena beban tugas dan ulangan.

Keywords


implementasi; program; akselerasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2337-7895 (print) || ISSN 2461-0550 (online)


View Journal Statistics