Evaluasi Penyelenggaraan Program Keahlian Keperawatan di SMK PGRI 1 Salatiga

Sima Fatmawati, Bambang Suteng Sulasmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap jalannya penyelenggaraan program keahlian keperawatan di tingkat sekolah menengah kejuruan. Penelitian dilaksanakan di SMK PGRI 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan pendekatan dekriptif kualitatif dengan model evaluasi CIPP. Subyek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, wakil kepala sarana dan prasarana, ketua program keahlian keperawatan, bursa kerja khusus, guru keperawatan, dan pegawai tata usaha. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini mengunakan teknik analisis data miles dan huberman. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan komponen context dalam kategori baik, komponen input dalam kategori baik, komponen process dalam kategori baik tetapi terdapat beberapa kendala, sedangkan komponen product dalam kategori cukup karena tidak memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu jumlah kesesuaian kerja lulusan kurang dari 50%.


Keywords


CIPP; Evaluasi Program; Keperawatan

Full Text:

PDF

References


Adi, N. H. (2018). Evaluasi Program Prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 2 Lubuk Basung. Jurnal Industri Kreatif, 2(1), 65-73.

Arikunto, S., & Jabar. C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Hamalik, O. (2001). Pendidikan Tenaga Kerja Nasional: Kejuruan, Kewirausahaan dan Manajemen. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hikam., & Sari, S. P. (2017, 20 Agustus). Ternyata Pendidikan Vokasi Penting Untuk Kesuksesan, Kok Bisa?. Diperoleh dari: https://news.okezone.com/read/2017/08/18/65/1758345/ ternyata-pendidikan-vokasi-penting-untuk-kesuksesan-kok-bisa

Hermawan., & Fatimah, S. (2017, 14 Agustus). Pentingnya Pendidikan Vokasi di Era Global. Diperoleh dari: https://news.okezone.com/read/2017/08/13/65/1755129/catat-pentingnya-pendidikan-vokasi-penting-di-era-global

Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2016). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (Kajian aspek Pengelolaan Pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 57-69.

Lestari, Y. (2018). Konsep Dasar Keperawatan. Yogyakarta: Andi Offset

Muliati, A. M. (2007). Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda: Suatu Penelitian Evaluatif berdasarkan Stake’s Countenance Model Mengenai Program Pendidikan Sistem Ganda pada sebuah SMK di Sulawesi Selatan (2005/2007). Diperoleh dari: https://docplayer.info/75311-A-muliati-a-m-2-abstract.html

Ngadi. (2014). Relevansi Pendidikan Kejuruan Terhdap Pasar Kerja di Kota Salatiga. Peneliti Ketenagakerjaan Pusat Peneluti Kependudukan. Jurnal kependudukan Indonesia, 9(1), 59-69.

Rose, C., & Nyre, G. F. (1977). The Practice of Evaluation. Princetion: Education Testing Service.

Salam, R., & Sunarto. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program SMK Kelas Jauh di MAN Karangayar. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 257-261.

Soesatyo, B., & Ilyasa. (2018, 3 Agustus). Ketua DPR Beberkan Pentingnya Pendidikan Vokasi. Diperoleh dari: http://www.teropongsenayan.com/90360-ketua-dpr-beberkan-pentingnya-pendidikan-vokasi

Sriyono., Kusnawa, W. S., & Mutaqin, M. K. A. (2015). Studi Eksplorasi Keterserapan Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Kota Bandung Pada Industri Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 247-252.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunnah, A., & Sukoco. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Program SEAMOLEC di SMK daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 145-163.

Suparlan, S. (2017). Wawasan pendidikan: Sebuah pengantar pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31163

Refbacks





Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats