Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SD Athalia dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.65007Keywords:
evaluation, CIPP, character educationAbstract
Sekolah Dasar Athalia dikenal sebagai sekolah yang menekankan pendidikan karakter dan telah menjalankan program pendidikan karakternya selama lebih dari lima tahun. Meski demikian, program pendidikan karakter di SD Athalia belum pernah dievaluasi secara menyeluruh. Oleh sebab itu, penelitian evaluasi program perlu dilakukan untuk akuntabilitas dan peningkatan program dan dengan demikian Model Evaluasi CIPP dipilih untuk penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi konteks, input, proses, dan produk dari program pendidikan karakter di SD Athalia serta menemukan sekaligus merekomendasikan hal-hal yang perlu ditingkatkan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Dokumen sekolah digunakan sebagai data sekunder. Subjek penelitian adalah pendiri sekolah, bagian manajemen sekolah, staf, guru, orang tua, dan siswa SD Athalia. Hasil penelitian evaluasi menunjukkan bahwa konteks sudah sangat baik sedangkan input, proses, dan produk cukup baik. Rekomendasi peneliti agar dilakukan penyempurnaan dalam kurikulum, pembinaan guru, alat ukur, kerja sama dengan orang tua, dan konsistensi pelaksanaan proyek karakter.References
Agustin, Indah Tri, & Nafiah. (2019). "Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya." Education and Human Development Journal, 4(2), 21-31. doi: https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i2.1122 .
Christiani, Y. (2018). Penerapan Model CIPP dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1).
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234. doi:10.21831/jpe.v2i2.2721
Darodjat, & Wahyudhiana M. (2015, Maret). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina, XIV(1), 1-28. doi:10.30595/islamadina.v0i0.1665
Faiz, Aiman, Bukhori Soleh, Imas Kurniawaty, & Purwati. (2021). "Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia." Jurnal Basicedu, 5(4), 1766-1777. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014
Farihi, Ahmad, Een Veny Verawaty, Fitriyah, & Muhammad Ryan Saputra. (2022). "Pentingnya Pendidikan Karakter di Kalangan Remaja." Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 2(1), 47-53. Retrieved from: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/19444/pdf
Ferdian, L., & Dwikurnaningsih, Y. (2020, November). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Kristen. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1).
FKKMK-UGM. Universitas Gajah Mada Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan. Maret 14, 2018. https://fkkmk.ugm.ac.id/kekerasan-remaja-indonesia-mencapai-50-persen/ (diakses 30 Oktober 2022).
Gultom, R., Panjaitan, B., & Simorangkir, J. (2023). relationship of parental exemplary with christian character: a literature review. The International Journal of Social Sciences World, 5(1), 308-316. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.7925693
Ichsan, Santosa, T. A., Ilwandri, Sofianora, A., & Yastanti, U. (2023). Efektivitas Evaluasi Model CIPP Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia : Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 2423-2430. doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13435
Institute in Basic Life Principles. (2001). The Power of True Success: How to Build Character in Your Life. Illinois: Institute in Basic Life Principles, Inc.
Jadid, S., & Widodo, H. (2023). Evaluasi program penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakel Plus Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 82-90. doi:10.21831/jpka.v14i1.53206
Labobar, Kresbinol. (2022). "Christian Family Role in Implementing Christian Education in Family Context to Christian Character Building." International Journal of Humanities and Innovation, 5(3), 110-115. doi: https://doi.org/10.33750/ijhi.v5i3.157
Lickona, Thomas. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346-355. doi:10.31004/obsesi.v3i2.200
Marsakha, A. T., Hariri, H., & Sowiyah, S. (2021, Juli-Desember). Management of Character Education in School: A Literature Review. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 185-194. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/5185
Ngundjurawa, Y. N., & Arifin, S. S. (2021, Mei). Tinjauan Etika Kristen: Peran Guru Sebagai Penuntun dalam Pembentukan Karakter Siswa Generasi Milenial. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(2), 138-150. doi:http://dx.doi.org/10.19166/dil.v3i2.3193
Putra, A. T., Zarita, R., & Nurhafidah, N. (2021, Desember). Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam Menggunakan Model Evaluasi CIPP. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(2), 20-35. doi:http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v7i2.3459
Rahmawati, S., & Wardani, S. (2021, Desember). Penguatan Karakter Moral Siswa Berbasis Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 83-95. doi:https://doi.org/10.21067/jmk.v6i2.5551
Retnowati, A. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Siswa SMP. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 76-84. doi:https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.3591
Sangadji, K. (2014). Model CIPP untuk Evaluasi Pengembangan KTSP pada Jenjang Pendidikan Persekolahan. BIOSEL: BIOLOGI SCIENCE AND EDUCATION, 3(1), 79-88. doi:http://dx.doi.org/10.33477/bs.v3i1.512
Sarmini, & Prasetya, K. (2016). Model Pendidikan Karakter untuk Membangun Integritas Civitas Akademika Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Unesa University Press.
Setyawan, D. (2017, Januari 21). KPAI Nilai Kenakalan Anak karena Kurangnya Pengasuhan Anak. Retrieved Juli 25, 2023, from KPAI: https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-nilai-kenakalan-anak-karena-kurangnya-pengasuhan-anak-2
Stevanus, K. (2018). Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak. BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 79-95. doi:https://doi.org/10.34307/b.v1i1.21
Stufflebeam, Daniel L., & Guili Zhang. (2017). The CIPP Evaluation Model. New York: The Guilford Press.
Sun'an, U. N., Supriyadi, S., Ridlo, S., & Lestari, W. (2023). Literature Review: Pentingnya Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Peserta Didik di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (pp. 851-857). Universitas Negeri Semarang. Retrieved from http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Tandana, E., Yowa, E. K., & Manik, N. D. (2022). Character Education in Forming Student Behavior: A Viewpoint of Christian Religious Education Learning. Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 161-176.
Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Idrus, S. W., Paraniti, A. A., & Nugraha, I. N. (2022). Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220-7232. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3428
Woenardi, T. N., Supratno, H., & Mudjito. (2022). Management of Christian Character Education Curriculum Based on Dormitory Abdi-Allah Theological College Trawas-Mojokerto. Studies in Learning and Teaching, 3(1), 74-96.
Yang, Ferry. (2018). Pendidikan Kristen. Surabaya: Momentum.
Zakso, Amrazi, Iskandar Agung, Etty Sofyatiningrum, & M. Calvin Capnary. (2022). "Factors Affecting Character Education in the Development of the Profile of Pancasila Students: The Case of Indonesia." Journal of Positive School Psychology, 6(2), 2254-2273. Retrieved from: https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/1804
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.