IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.7681Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengajaran akhlak dalam pembentukan karakter siswa (santri) dan cara penanaman ajaran Islam yang diduga sesuai dengan budaya dan nilai-nilai yang ingin dikembangkan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Pesantren Krapyak Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interviu, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengajaran di Pesantren Krapyak ini, baik secara formal maupun non-formal, semua mengarah kepada pembekalan santri atau siswa untuk memiliki akhlak Islami sesuai dengan nilai-nilai budaya yang pada dasarnya ingin dikembangkan di Indonesia. Materi yang terdapat dalam kitab kuning yang digunakan sebagai rujukan diketahui penuh dengan ajaran akhlak yang mulia atau karakter yang baik. Karakter disiplin, kerja keras, kebersamaan, kesederhanaan, kesabaran, toleransi, dan moderat adalah bagian dari ajaran kitab kuning dan tradisi yang telah berkembang di Pesantren KrapyakDownloads
Published
2015-05-04
How to Cite
Miftahuddin, M. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(1). https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.7681
Issue
Section
Articles
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Penelitian Humaniora. However, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.