Analisis keterbacaan artikel-artikel Allkpop sebagai bahan ajar otentik untuk pembelajaran EFL

Authors

  • Chandraswari Swastya Respati Yogyakarta State University
  • Siti Mahripah Yogyakarta State University

DOI:

https://doi.org/10.21831/hum.v25i1.40131

Keywords:

keterbacaan teks, artikel Allkpop, materi pembelajaran otentik, pembelajaran bahasa Inggris, K-Pop

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing/English as a foreign language (EFL) di Indonesia, penggunaan bahan ajar yang otentik memiliki peran penting guna menumbuhkan minat belajar siswa. Menilik pesatnya pertumbuhan K-Pop, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak generasi muda (termasuk pelajar) yang memiliki ketertarikan khusus terhadapnya. Allkpop merupakan salah satu situs web terbesar yang menyajikan berbagai informasi terkait dunia hiburan di Korea Selatan dalam bentuk artikel bahasa Inggris sehingga situs ini dapat menjadi salah satu alternatif sumber belajar otentik siswa. Terkait dengan hal ini, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberi informasi akan level keterbacaan teks-teks yang ada di Allkpop sehingga dapat memberikan acuan pada kelas berapa saja teks-teks dalam allkpop tersebut dapat digunakan sebagai sumber belajar otentik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data dianalisis dengan menggunakan bantuan 7 alat penguji keterbacaan teks. Sebanyak 90 artikel diambil sebagai sampel untuk kemudian dianalis tingkat keterbacaanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan teks di situs Allkpop berada di rentang medium sehingga cocok digunakan oleh siswa di kelas 7, 8, dan 9.

Kata kunci: keterbacaan teks, artikel Allkpop, materi pembelajaran otentik, pembelajaran bahasa Inggris, K-Pop

References

Brinton, D. M. (1991). The use of media in language teaching. In M. Celce-Murcia (Ed.), Teaching English as a second or foreign language. Boston: Heinle and Heinle Publisher.

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social media: Defining, developing, and divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 46-65. DOI: 10.1080/15456870.2015.972282.

Nunan, D. (1999). Second language teaching and learning. Boston: Heinle and Heinle Publishers.

Nuttall, C. (1996). Teaching reading skills in a foreign language (New edition). Oxford: Heneinemann.

Peacock, M. (1997). The effect of authentic materials on the motivation of EFL learners. ELT Journal, 51(2), 144-156.

Richards, J. C. (2010). Longman dictionary of language teaching and applied linguistics (4th ed.). Abingdon: Routledge.

Stephens, C. (2000). All about readability. Retrieved from http://plainlanguage.com.

Downloads

Published

2021-04-16

How to Cite

Respati, C. S., & Mahripah, S. (2021). Analisis keterbacaan artikel-artikel Allkpop sebagai bahan ajar otentik untuk pembelajaran EFL. Jurnal Penelitian Humaniora, 25(1), 1–7. https://doi.org/10.21831/hum.v25i1.40131

Issue

Section

Articles