Analisis Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana

Authors

  • Widjiningsih Widjiningsih Program Studi Pendidikan Teknik Busana, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Kapti Asiatun Program Studi Pendidikan Teknik Busana, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/hej.v1i2.23278

Keywords:

skripsi, pendidikan teknik busana, 2009

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1). Pendekatan penelitian; (2). Populasi dan sampel; (3). Metode pengumpulan data; (4). Teknik analisis data; (5). Model pembelajaran; (6). Metode pembelajaran; (7). Bidang keahlian yang menjadi fokus penelitian; (8). Produk yang dihasilkan. Sampel  penelitian  adalah populasi  skripsi mahasiswa angkatan Tahun 2009/2010 sampai 2011/2012.  Analisis data yang digunakan analisis diskriptif. Hasil analisis konten: (1). Pendekatan penelitian adalah Reseach & Development sejumlah 43 skripsi  (37%), dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sejumlah 34 skripsi (29,31%); (2).  Populasi penelitian tersebar di SD, SMP, SMK Tata Busana, dan masyarakat, sejumlah 116, terbanyak di SMK sejumlah 107 (92,24%).  (3).  Metode terbanyak yaitu  observasi  (89,65%); Uji  validitas  yang  banyak adalah   validitas  konstruk  (55,63%),  dan  validitas  isi  (37,755).  Reliabilitas  yang  digunakan adalah Alfa Cronbach (50,35%), dan Antar Rater (35,66% ); (4). Analisis data terbanyak menggunakan analisis deskriptif (61,21%); (5). Implementasi model pembelajaran yang terbanyak model Saintifik (22%);  (6). Metode pembelajaran banyak digunakan: Ceramah (29.2%),  Demonstrasi (25.8%),   Tanya  Jawab  dan  Penugasan  masing-masing  (17.5%);  (7). Bidang  keahlian  fokus penelitian terbanyak diteliti Pola Busana  (24,14%); (8) Produk terbanyak Job Sheet (29.77%).

References

Depdiknas.(2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jurusan PTBB UNY.(2014). Kurikulum 2014. Yogyakarta: Jurusan PTBB FT UNY.

Kurikulum Fakultas Teknik 2009. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY

Sugiyono. (2006). Metode penelitian pendidikan.Bandung: Alfabeta

TimTugas Akhir Skripsi FT UNY. (2013). Pedoman penyusunan tugas akhir skripsi FT UNY . Yogyakarta: FT UNY

Yanti Setianti, Hanny Hafiar, Nurmaya Prahatmaja (2007). Analisis Isi Pemberitaan Tentang Kabupaten Garut. Laporan Penelitian. Universitas Padjadjaran Bandung

Noor Fitrihana. (2008). ( http://batik yogya.wordpress.com/2008/05/22/pemberdayaan-pendidikan-tinggi-teknik bu sana-untuk-meningkatkan-daya saing-industri-garmen-di-pasarglobal). Diunduh Sabtu, 15 Oktober 2016

Walter Rinaldy. (2012). http://rinaldy- tuhumury.blogspot.co.id/2012/07/analisi s-isi-content-analysis.html. Diunduh Rabu, 16 Maret 2016

Wurianto Saksomo. (2013) .http:// wuriantos.blogspot.co.id/2013/04/teori-penelitian-analisis-isi.html.

Downloads

Published

2019-01-24

How to Cite

[1]
Widjiningsih, W. and Asiatun, K. 2019. Analisis Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Home Economics Journal. 1, 2 (Jan. 2019), 52–61. DOI:https://doi.org/10.21831/hej.v1i2.23278.

Issue

Section

Articles