PENINGKATKAN KARAKTER DENGAN METODE COOPERATIFLEARNING PADA PEMBELAJARAN MICROTEACHING MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FBS UNY

Authors

  • Siti Sumiyati Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Alice Armini Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Roswita Lumban Tobing Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/diksi.v23i1.6627

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan karakter mahasiswa mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis melalui pembelajaran Microteaching. Peningkatan karakter difokuskan pada dua aspek yaitu rasa tanggung jawab dan kerjasama. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dari tanggal 5 Mei 2014 sampai dengan 23 Mei 2014. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran microteaching dengan penerapan metode cooperative learning dapat meningkatkan karakter mahasiswa. Peningkatan nilai rasa tanggung jawab dari pratindakan ke Siklus I dan Siklus II berturut-turut 4,2% dan 18,7%; sedangkan peningkatan nilai kerjasama pada Siklus I dan II adalah 44% dan 58,6%. Mahasiswa yang mencapai target keberhasilan penelitian sebesar 96%. Dengan demikian, penerapan metode cooperative learning dapat meningkatkan nilai karakter mahasiswa semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis yang sedang menempuh mata kuliah Microteaching,

Kata kunci: karakter, metode cooperative learning, tanggung jawab, kerjasama.

Downloads

How to Cite

[1]
Sumiyati, S. et al. 2015. PENINGKATKAN KARAKTER DENGAN METODE COOPERATIFLEARNING PADA PEMBELAJARAN MICROTEACHING MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FBS UNY. Diksi. 23, 1 (Nov. 2015). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v23i1.6627.

Issue

Section

Articles