ENGLISH TEACHERS' WORK ENGAGEMENT AMONG CRITIQUES OF LOW PROFESSIONAL COMPETENCE IN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6610Abstract
Artikel ini ditulis berdasarkan kajian tentang keterlibatan kerja 152 guru BahasaInggris SMP di Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan angket model Utrecht Work
Engagement Scale (UWES 9) yang dikembangkan oleh Schaufeli dkk. pada tahun 2002,
yang mengukur tiga faktor keterlibatan kerja, yaitu semangat, dedikasi, dan ketertarikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kerja para guru secara umum tinggi
(rerata 5,04 pada skala 7; rerata semangat, dedikasi, dan ketertarikan masing-masing
4,99, 5,44, dan 4,71). Reliabilitas data dihitung dengan Cronbach alpha. Koefisien alpha
secara keseluruhan adalah 0,91 dan koefisien alpha untuk semangat, dedikasi, dan
ketertarikan adalah 0,76, 0,83, dan 0,79. Temuan penelitian ini menarik dalam konteks
prestasi siswa dan perhargaan terhadap profesi guru yang rendah.
Kata kunci: keterlibatan kerja guru, kemampuan profesional
Downloads
How to Cite
[1]
-, B. 2015. ENGLISH TEACHERS’ WORK ENGAGEMENT AMONG CRITIQUES OF LOW PROFESSIONAL COMPETENCE IN INDONESIA. Diksi. 16, 2 (Nov. 2015). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6610.
Issue
Section
Articles
License
The authors who publish this journal agree to the following requirements. The author retains the copyright regarding the work being simultaneously licensed below Creative Commons Attribution ShareAlike License.
Jurnal Diksi by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi