ENGLISH TEACHERS' WORK ENGAGEMENT AMONG CRITIQUES OF LOW PROFESSIONAL COMPETENCE IN INDONESIA

Authors

  • Basikin -

DOI:

https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6610

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan kajian tentang keterlibatan kerja 152 guru Bahasa
Inggris SMP di Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan angket model Utrecht Work
Engagement Scale (UWES 9) yang dikembangkan oleh Schaufeli dkk. pada tahun 2002,
yang mengukur tiga faktor keterlibatan kerja, yaitu semangat, dedikasi, dan ketertarikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kerja para guru secara umum tinggi
(rerata 5,04 pada skala 7; rerata semangat, dedikasi, dan ketertarikan masing-masing
4,99, 5,44, dan 4,71). Reliabilitas data dihitung dengan Cronbach alpha. Koefisien alpha
secara keseluruhan adalah 0,91 dan koefisien alpha untuk semangat, dedikasi, dan
ketertarikan adalah 0,76, 0,83, dan 0,79. Temuan penelitian ini menarik dalam konteks
prestasi siswa dan perhargaan terhadap profesi guru yang rendah.
Kata kunci: keterlibatan kerja guru, kemampuan profesional

Author Biography

Basikin -

Faculty of Languages and Arts
Yogyakarta State University

Downloads

How to Cite

[1]
-, B. 2015. ENGLISH TEACHERS’ WORK ENGAGEMENT AMONG CRITIQUES OF LOW PROFESSIONAL COMPETENCE IN INDONESIA. Diksi. 16, 2 (Nov. 2015). DOI:https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6610.

Issue

Section

Articles